Gerhana Matahari Total Akan Terjadi pada 8 April 2024: Di Wilayah Mana Saja Anda Bisa Menyaksikannya?

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengumumkan bahwa gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024. Ini merupakan gerhana (Sumber foto : Kompas)
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengumumkan bahwa gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024. Ini merupakan gerhana (Sumber foto : Kompas)

Jurnalindo.com, – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengumumkan bahwa gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024. Ini merupakan gerhana matahari terakhir dalam rentang waktu lebih dari 20 tahun. Namun, di wilayah mana gerhana ini akan terjadi?

Dilansir dari laman Live Science, gerhana matahari total akan dimulai di Sinaloa, Meksiko, kemudian bergerak ke arah timur laut hingga mencapai Texas, kemudian menyeberangi 15 negara bagian Amerika Serikat sebelum melanjutkan perjalanan ke Kanada.

Negara bagian di mana gerhana matahari total akan terlihat adalah Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Kentucky, Tennessee, Illinois, Indiana, Ohio, Michigan, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine. Namun, Tennessee dan Michigan hanya akan disinggahi oleh bayangan bulan.

Dikutip dari situs NASA, gerhana kemudian akan keluar dari Benua Amerika Utara di pantai Atlantik Newfoundland, Kanada, pada pukul 17:16 Newfoundland Daylight Time (NDT).

Jika Anda ingin menyaksikan gerhana matahari total, Anda harus berada dalam jalur gerhana total. Jika Anda berada di luar jalur tersebut, bahkan hanya satu kilometer, Anda hanya akan melihat gerhana sebagian.

Selain itu, semakin dekat Anda dengan pusat jalur gerhana matahari total, semakin lama durasi gerhana total yang akan Anda saksikan. Durasi terlama diperkirakan akan mencapai 4 menit, 27 detik di TorreĆ³n, Meksiko.

Diperkirakan sekitar 31 juta orang tinggal di lahan yang membentang dari Maine hingga Texas di mana orang akan dapat melihat gerhana total. Mereka yang berada di luar “jalur total” ini akan melihat gerhana sebagian, di mana bulan menghalangi sedikit hingga hampir seluruh matahari.

Jadi, jika Anda berada di salah satu wilayah yang disebutkan di atas, jangan lewatkan kesempatan langka ini untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 8 April 2024! (Tempo/Nada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *