News  

Cara Aman Mengkonsumsi Mie Instan, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Jurnalindo.com – Mie instan memang rasanya sangat nikmat, apalagi jika dinikmati saat lapar. Bagaimana cara aman mengkonsumsi Mie Instan?

Direktur Instalasi Pangan dan Produksi Pangan RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani, SST., S.Gz, MKM, RD berbagi tips cara aman mengkonsumsi Mie Instan, salah satunya dengan memperhatikan asupan agar tidak kelebihan karbohidrat.

“Mie Instan masuk ke dalam kelompok bahan makanan pokok yaitu satu kelompok dengan nasi, roti, bihun, umbi-umbian, sereal, tepung-tepungan yang bisa menjadi alternatif pengganti bahan makanan pokok,” kata Fitri.

Baca Juga: Manfaat Infused Water yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Dapat Menghidrasi Tubuh Lebih Baik dari Air Biasa

Fitri menjelaskan, nilai gizi sebungkus Mie Instan tanpa minyak setara dengan 150 gram beras. Saat mengonsumsi Mie Instan, Fitri berpesan agar masyarakat memperhatikan makanan pokok lainnya agar dikurangi agar energi dan karbohidrat tidak berlebihan.

Selain tenaga ekstra, ada juga lemak dalam bumbu minyak dan natrium dalam bumbu bubuk Mie Instan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, jika berencana makan Mie Instan, Fitri menyarankan agar tidak menambahkan kerupuk atau makanan lain yang asin dan berlemak.

“Kelebihan konsumsi Mie Instan lainnya yang akan menimbulkan masalah selain jumlah energi juga kadar lemak dari bumbu minyaknya dan natrium yang terkandung dalam bumbu,” kata Fitri.

Baca Juga: Malas Mandi Memiliki Dampak Buruk bagi Kesehatan Lho, Ini Dampaknya

Ahli gizi klinis yang juga anggota Perhimpunan Ahli Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), dr. Dihubungi terpisah, Luciana Sutanto, MS, SpGK(K) menjelaskan, Mie Instan juga bisa dijadikan menu sarapan atau makan malam.

Namun, untuk menuai manfaat kesehatan, kalori dan nutrisi yang dikandungnya harus diperhatikan. Selain itu, Luciana juga berpesan untuk memberikan perhatian khusus pada bumbu yang ditambahkan pada Mie Instan.

“Jika bumbu yang dimasukkan jumlah atau kadarnya berlebihan (lebih dari yang dianjurkan oleh AKG/Angka Kecukupan Gizi) tentu akan menimbulkan masalah kesehatan. Kandungan bumbu dapat dilihat pada label makanan,” kata Luciana.

Baca Juga: Cara Melindungi Diri dari Cuaca Panas Ekstrim Demi Kesehatan Tubuh

Dia menyarankan memasak Mie Instan sesuai dengan rekomendasi paket. Tambahkan juga sayuran dan sumber protein untuk melengkapi diet Anda jika Anda menikmati Mie Instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *