Addin Jauharuddin Terpilih Sebagai Ketua Umum GP Ansor Periode 2024-2029

Addin Terpilih jadi Ketum GP Ansor (Sumber Foto. Opsi)
Addin Terpilih jadi Ketum GP Ansor (Sumber Foto. Opsi)

JurnalIndo.com – Dalam Kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang berlangsung di atas kapal KM Kelud, Addin Jauharuddin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor untuk periode 2024-2029. Kongres ini diadakan pada Jumat, 2 Februari 2024, dalam pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sebelum terpilih, Gus Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum GP Ansor sebelumnya, sudah mengindikasikan pergantian kepemimpinan. “Sahabat bendahara umum sekaligus ketua panitia Addin Jauharuddin. InsyaAllah di kapal ini nanti akan ditetapkan jadi ketum menggantikan saya,” ujar Gus Yaqut dalam sambutannya di depan Presiden Joko Widodo. dilansir dari detik.com

Addin Jauharuddin, yang sebelumnya menjabat sebagai Bendahara Umum GP Ansor periode 2016-2021, menggantikan posisi Gus Yaqut Cholil Qoumas yang memimpin GP Ansor sejak 2016. Usai terpilih secara aklamasi, Addin menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dari Gus Yaqut.

Dalam awal kepemimpinannya, Addin menekankan dua bidang prioritas, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan penguatan ekonomi kader Ansor. Dia berjanji akan melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh Gus Yaqut.

“Juga akan melaksanakan, melanjutkan apa yang sudah dibangun Gus Ketum, Gus Yaqut,” kata Addin kepada wartawan di KM Kelud.

Addin juga berkomitmen membawa GP Ansor menjadi penggerak agenda besar perjuangan Nahdlatul Ulama (NU). “Ansor sebagai elemen genetik NU menjadi penggerak dari agenda-agenda perjuangan Nahdlatul Ulama,” ujarnya.

Serah terima jabatan dari Ketua Umum lama ke Ketua Umum baru akan dilaksanakan setelah kapal bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dengan pengalaman dan dedikasi sebelumnya, Addin Jauharuddin diyakini akan menjalankan tugas kepemimpinan GP Ansor dengan penuh tanggung jawab.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *