News  

Sebagian Wilayah NTB Diprediksi Hujan Lebat Selama Tiga Hari Kedepan, Begini Prakiraan BMKG

jurnalindo.com – LOMBOK TENGAH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat selama tiga hari ke depan.

“Mulai 8-10 Maret cuaca umumnya diperkirakan cerah berawan dan hujan lebat,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Dhian Yulie Cahyono dalam keterangan tertulisnya di Praya, Selasa (8/3).

Untuk itulah, BMKG berharap kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima dan Dompu.

“Potensi hujan terjadi mulai siang hingga malam hari,” katanya.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, BPBD Cianjur Imbau Warga Agar Waspada Bencana

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masyarakat diimbau selalu waspada dan berhati-hati dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genang air, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

BMKG juga mengimbau warga yang ada di pesisir pantai wilayah NTB untuk mewaspadai gelombang laut yang mencapai 2 meter atau lebih akan melanda wilayah selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan.

“Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari selatan barat laut sampai tenggara dengan kecepatan angin 40 km/jam,” katanya.

(ara/Reno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *