Ridwan Kamil Beberkan Rencana Pasca Tidak Menjadi Cawapres: Kembali Maju di Pilkada

Ridwan Kamil, yang sebelumnya diisukan sebagai calon wakil presiden namun akhirnya tidak terpilih, mengungkapkan rencananya untuk terlibat kembali (Sumber foto: Kompas)
Ridwan Kamil, yang sebelumnya diisukan sebagai calon wakil presiden namun akhirnya tidak terpilih, mengungkapkan rencananya untuk terlibat kembali (Sumber foto: Kompas)

Jurnalindo.com, – Ridwan Kamil, yang sebelumnya diisukan sebagai calon wakil presiden namun akhirnya tidak terpilih, mengungkapkan rencananya untuk terlibat kembali dalam kontestasi politik setelah Pilpres 2024. Menurut Emil, panggilan akrabnya, dia akan kembali maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) dengan dua opsi yang ada.

Dalam sebuah wawancara pada Senin (4/12), Emil menyatakan bahwa dia memiliki dua opsi untuk maju sebagai gubernur, yaitu dalam Pilgub Jawa Barat atau Pilgub DKI Jakarta. Namun, dia menegaskan bahwa dia tidak akan maju di Pilgub Jabar jika istrinya, Atalia Praratya, maju di Pilwakot Bandung.

“Nah itu enggak mungkin, kita sudah janjian, jadi Bu Atalia itu hanya akan diridhai oleh suaminya kalau kita tidak ada conflict of interest,” ujar Emil.

Ridwan Kamil telah mendapat dua surat tugas dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada DKI Jakarta atau Pilkada Jawa Barat. Sementara itu, Atalia mendapat tugas dari Partai Golkar untuk maju di Pilwalkot Bandung.

“Kalau saya Gubernur Jabar lagi, Bu Atalia fokus di DPR, kan mencoba seminim mungkin tidak ada nilai-nilai demokrasi yang tidak baik dipertontonkan,” tambahnya.

Emil menyatakan bahwa jika Atalia memutuskan maju di Pilwalkot Bandung, maka dirinya akan mempertimbangkan opsi untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Namun, dia menekankan pentingnya menghindari konflik kepentingan antara jabatan suami dan istri dalam politik.

Lebih lanjut, Emil menyinggung peristiwa di Papua terkait pembahasan APBD di dalam kamar, dan dia menyatakan bahwa itu tidak etis. Emil berharap untuk menunjukkan bahwa demokrasi bisa dilakukan secara terbuka dan transparan.

“Saya ingin menjadi berada di koridor itu supaya anak-anak muda ke bawah melihat demokrasi itu baik, caranya itu insyaallah baik,” tutup Ridwan Kamil. (Kumparan/Nada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *