News  

Bagaimana Jika Bayi Tidak Sengaja Mengonsumsi Kafein?

Jurnalindo.com – Kafein terdapat di dalam berbagai jenis makanan dan minuman, seperti kopi, teh, hingga cokelat. Lalu, bagaimana jika bayi atau anak tidak sengaja mengonsumsi kafein?

Pastikan anak tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein. Tidak sengaja mengonsumsi kafein dalam jumlah yang sangat kecil tidak memberikan dampak yang berkepanjangan.

Meskipun begitu, orang tua harus selalu waspada dan memperhatikan setiap kandungan makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil. Pastikan anak selalu mengonsumsi makanan sehat yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik maupun mental.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Lakukan Vaksin Campak?

Selain itu, ibu yang sedang menyusui juga sebaiknya membatasi asupan kafein setiap harinya. Mengonsumsi kafein dapat memengaruhi kualitas ASI. Ibu yang mengonsumsi tiga cangkir kopi per hari memiliki kadar zat besi lebih rendah dalam ASI, daripada ibu yang tidak mengonsumsi kafein.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi pada ASI bisa terpenuhi dengan baik. Ibu juga bisa menambahkan suplemen kesehatan sesuai dengan anjuran dokter agar kualitas ASI meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *