News  

238 warga terdampak banjir dievakuasi BPBD Kota Medan

Jurnalindo.com, Medan, 19/11 – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan telah mengevakuasi 238 warga terdampak banjir setinggi lebih dari 1 meter di Kota Medan, Sumatera Utara.

“Jumlah warga yang kita evakuasi malam tadi 238 orang akibat banjir lebih sepinggang orang dewasa,” ujar Kepala BPBD Kota Medan, M Husni di Medan, Sabtu.

Ratusan warga kota Medan berasal dari tujuh kecamatan dengan lima kecamatan, 37 warga Tanjung Reju di Medan Senegal dievakuasi ke Masjid Al-Huda.

Kemudian 82 warga Sinta Damai di Lapangan Helvetia, 44 warga Gang Merdeka, Gang Fajar dan Pelita II, Sei Mati di Lapangan Maimun, 35 warga Bangsal IV, dan Aur di Lapangan Maimun.

Diketahui, bencana banjir tersebut disebabkan oleh hujan deras yang melanda Kota Medan dan mengalirkan air hujan di kawasan pegunungan hingga ke daerah aliran sungai di Medan pada Jumat sore (18/11). 

Baca Juga: Terdampak banjir, Polda Sumut evakuasi warga

“Kita fokus melakukan evakuasi warga sesuai instruksi Pak Wali, keselamatan yang paling utama. Kemarin petugas kita terus menyisir,” kata dia.

Pihaknya belum menghitung berapa jumlah kerugian dari total 1.699 unit rumah yang ditimbulkan akibat terendam air lebih dari satu meter.

“Setelah kondisi aman, baru kita melakukan pendataan, baik jumlah rumah yang terendam maupun kerugian yang ditimbulkan banjir,” ujar Husni.* (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *