News  

BMKG prakirakan enam kabupaten di Kaltim hujan petir Minggu-Senin

Jurnalindo.com, BALIKPAPAN, 19/11 – BMKG memprakirakan enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur akan mengalami hujan lebat hingga badai petir yang disertai angin kencang pada Minggu dan Senin (20-21/11), untuk itu diimbau kepada semua pihak. Waspadai dampaknya.

“Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Sabtu.

Informasi prakiraan cuaca ini juga telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat kabupaten dan kabupaten/kota, sehingga prakiraan cuaca tersebut dapat diambil untuk meminimalisir dampak terhadap masyarakat.

Ia menjelaskan, Kabupaten Berau pada Minggu sekitar pukul 23.00 WITA diperkirakan terjadi hujan lebat hingga badai petir di lima kecamatan, yakni Tanjung Redp, Pulau Derawan, Gunung Tabor, Sampalyung dan Teluk Bayur, sedangkan pada Senin pagi hujan ringan. adalah sebuah kemungkinan. terjadi di lima wilayah.

Baca Juga: Dua korban terseret arus sungai di Manggarai Timur, BPBD evakuasi

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu sekitar pukul 20.00 WITA, hujan lebat hingga lebat diperkirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Tabang, Kembang Janggut, dan Kenohan.

Pada hari Minggu sekitar pukul 23.00 WITA diperkirakan terjadi badai petir di wilayah Tenggarong Seberang, kemudian Senin pagi sekitar pukul 02.00 WITA kemungkinan terjadi badai petir di wilayah Tabang.

Untuk Kabupaten Kutai Barat, pada Minggu sekitar pukul 20.00 WITA diperkirakan terjadi badai petir di 12 dari 17 kecamatan yang ada, dengan lima kecamatan yang hanya menerima hujan ringan dan cerah adalah Bentian Besar, Bongan, Damai, Peninggahan, dan kecamatan. dari Slug Ngorai. 

Sekitar pukul 23.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Kongbeng, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan, pada Senin dini hari, hujan ringan diprakirakan terjadi pada 10 kecamatan, antara lain Batu Ampar, Muara Ancalong, dan Muara Wahau.

“Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, sekitar pukul 17.00, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Laham, pukul 20.00 wita diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun dan Long Hubung,” ujar Idham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *