News  

Hujan deras, pelaku usaha pariwisata diminta tingkatkan pengawasan

Jurnalindo.com, Cianjur, 18/11 – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meminta perusahaan pariwisata meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan wisatawan yang berkunjung ke wisata air dan wisata alam, untuk mengantisipasi korban bencana alam akibat hujan deras.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Jumat mengatakan, hujan deras yang turun setiap hari dapat mengakibatkan bencana alam mulai dari tanah longsor, banjir dan gerakan tanah hingga pohon tumbang, terutama di objek wisata alam yang banyak terdapat di Cianjur.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan menimpa wisatawan, kami meminta pelaku pariwisata di Cianjur mengingatkan wisatawan yang datang tidak berteduh di bawah pohon yang rawan tumbang, atau bermain air di obyek wisata air terjun dan pantai karena beresiko tinggi,” katanya.

Pihaknya juga meminta relawan BPBD Cianjur untuk bersiaga di setiap objek wisata, terutama di akhir pekan, untuk segera menangani bencana alam yang terjadi di objek wisata karena sebagian besar Cianjur termasuk dalam zona merah bencana di Jabar.

Presiden BPBD Cianjur Rizal mengatakan, untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi di sejumlah objek wisata di Cianjur dari utara ke selatan, pihaknya menyiagakan hingga lima Relawan Siaga Bencana (Retana) unggulan dengan bantuan relawan lainnya untuk melaksanakannya. Pengawasan dan pengawasan.

Baca Juga: Rumah betang diterjang angin puting beliung di Sibau Hilir Kalbar

“Masih tingginya curah hujan yang diperkirakan terjadi sampai akhir tahun, kami meminta relawan di masing-masing wilayah yang terdapat obyek wisata untuk melakukan pengawasan dan segera melakukan evakuasi ketika melihat tanda alam akan terjadinya bencana,” katanya.

Relawan yang disiagakan diminta untuk membuat laporan setiap hari, serta melakukan koordinasi dengan pelaku pariwisata atau pengelola tempat wisata, sehingga dapat melakukan langkah cepat saat melihat tanda akan terjadinya bencana.

“Kami juga meminta relawan yang bertugas di pinggir pantai, mengimbau dan meminta wisatawan untuk tidak bermain di pinggir pantai ketika gelombang tinggi atau di obyek wisata air terjun ketika hujan turun deras, guna menghindari jatuhnya korban jiwa,” katanya. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *