News  

Rumah betang diterjang angin puting beliung di Sibau Hilir Kalbar

Jurnalindo.com, KAPUAS HULU, 18/11 – Puting beliung menerjang rumah warga Taman Dayak Bitang di Desa Sinaw Hilir, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat malam.

Meski tidak ada korban jiwa, kecelakaan yang terjadi pada Jumat pukul 19.30 WIB itu mengakibatkan atap lima kabin Rumah Bitang rusak parah.

“Tidak ada korban jiwa, tetapi atap rumah betang rusak akibat angin puting beliung,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan di Putussibau, Jumat malam.

Rumah Bitang atau Rumah Panjang dikenal sebagai rumah khas suku Dayak Kalimantan.

Gunawan mengatakan BPBD Kapuas Hulu akan melakukan audit lokasi kecelakaan dan segera mencatat kerugian warga akibat topan tersebut.

Baca Juga: Ratusan rumah terendam banjir di Tapsel

Sehubungan dengan kejadian tersebut, ia mengimbau kepada seluruh warga Kapuas Hollow untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir, angin topan, dan tanah longsor.

Sementara itu, bencana banjir yang melanda 75 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Kapuas mengakibatkan 4.647 rumah dan 370 fasilitas umum terendam banjir sehingga 13.301 kepala keluarga dengan 42.903 jiwa terdampak banjir. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *