News  

Kapolda Kalteng: Motivasi Anak Muda Jadi Petani Milenial Kembangkan “Food Estate”

jurnalindo.com – Pulang Pisau – Irjen Pol Nanang Avianto selaku Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah memotivasi anak-anak muda di wilayah food estate agar menjadi petani milenial yang dapat mengembangkan dan memadukan pertanian dengan teknologi modern.

Nanang Avianto dalam kunjungan kerja di Desa Blanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng mengatakan “Kami memiliki peran serta untuk bersama-sama mewujudkan agar program food estate yang menjadi program strategis nasional ini bisa berjalan dengan baik yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” Selasa.

Dirinya berharap generasi milenial yang berada di kawasan food estate dapat mengembangkan diri dan memadukannya dengan teknologi pertanian di wilayahnya masing-masing.

Dikatakan Nanang, bahwa program food estate yang dikembangkan di Indonesia ada dua tempat, yakni Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

Keberadaan program ini bisa didukung oleh seluruh masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Semua diharapkan bisa bersinergi untuk mengembangkan program food estate ini untuk lebih baik. Babinkamtibmas dan juga Babinsa pasti ikut membantu para petani yang ada di daerah ini,” ucapnya.

Baca juga: 4 Tips Sukses Bangun Bisnis Sejak Dini

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang memberikan apresiasi kedatangan Kapolda Kalteng beserta jajaran di kawasan food estate.

Menurutnya, pemerintah dan para petani di daerah setempat menyambut baik ditunjuknya Kabupaten Pulang Pisau menjadi bagian dalam program strategis nasional dalam ketahanan pangan.

“Pemerintah setempat terus memotivasi para petani agar tetap terus semangat untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional ini,” kata Pudjirustaty.

Dikatakan Pudjirustaty, ditunjuknya Kabupaten Pulang Pisau menjadi lokasi program ketahanan pangan mulai dirasakan masyarakat, khususnya para petani.

Bukan saja bantuan sarana dan prasarana pertanian yang diberikan kepada petani, tetapi juga berdampak pada peningkatan infrastruktur di kawasan food estate.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto dalam kunjungan Kapolda Kalteng memaparkan bahwa di dalam kawasan food estate ini dikembangkan multi komoditas.

Selain padi, juga dikembangkan tanaman hortikultura serta bidang peternakan dan perikanan.

Dijelaskan Slamet, ada lima kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau yang masuk dalam program food estate. Pengembangan dilakukan pemerintah sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada di masing-masing kecamatan.

Selain disertai peningkatan teknologi yang harus bisa dikuasai oleh petani, peningkatan hasil produksi juga menjadi salah satu tujuan utama. (Ara/Aniq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *