Isu Jokowi Cawe cawe Pembentukan Kabinet Baru, Gibran Tak Benar Itu

Gibran tepis Isu terlibatnya Jokowi di Pembentukan Kabinet Baru (Sumber Foto.Suara.com)
Gibran tepis Isu terlibatnya Jokowi di Pembentukan Kabinet Baru (Sumber Foto.Suara.com)

JurnalIndo.Com – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dengan tegas menepis spekulasi mengenai keterlibatan ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam proses pembentukan kabinet baru. Gibran menyatakan bahwa penunjukan menteri dalam kabinet baru merupakan hak prerogatif dari Presiden terpilih, yaitu Prabowo Subianto.

“Pak Prabowo yang akan menentukan ya,” kata Gibran kepada wartawan usai menghadiri acara Bukber TKN di Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, pada Senin (25/3/2024). dilansir dari detik.com

Gibran juga menegaskan bahwa meskipun Jokowi bisa memberikan masukan jika diminta, namun keputusan akhir terkait penentuan menteri di kabinet selanjutnya tetap berada di tangan Prabowo. “Ya mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo ya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Gibran mengungkapkan bahwa dirinya akan terlibat dalam pembicaraan mengenai kabinet tersebut bersama Prabowo. “Pasti,” ujarnya.

Gibran mengakui bahwa pembicaraan mengenai kabinet selanjutnya telah dilakukan bersama Prabowo setelah hasil pemilihan presiden beberapa waktu lalu diumumkan. Selain itu, Gibran juga menyatakan keterbukaannya terhadap partai-partai lain yang berkeinginan untuk bergabung dalam pemerintahan ke depan.

“Udah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin,” ungkap Gibran.

Gibran juga mengindikasikan kemungkinan untuk mengajak partai kubu rival bergabung dalam pemerintahan. “Bisa jadi (ajak partai kubu rival bergabung),” lanjutnya.

Dengan sikap tegasnya tersebut, Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa proses pembentukan kabinet baru akan dilakukan secara transparan dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi serta kebijakan yang akan menguntungkan bagi masyarakat Indonesia.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *