Gerakan Boikot Produk Israel Meningkat Pesat Setelah Fatwa MUI

JurnalIndo.com – MUI telah mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 yang menegaskan bahwa mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina adalah wajib, sementara mendukung Israel dan produk yang berasal dari negara tersebut dianggap haram. Fatwa ini dikeluarkan sebagai respons terhadap serangan bombardir tanpa henti yang dilakukan Israel di jalur Gaza, yang memicu kecaman global.

Meningkatnya Popularitas Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS)i

Tdak hanya di Indonesia, tetapi gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) juga semakin populer di beberapa negara lain. BDS adalah gerakan penolakan terhadap produk-produk Israel, dimaksudkan untuk mendorong pelaku perdagangan di seluruh dunia agar menghentikan penjualan produk dari negara tersebut.

Tujuan Utama BDSe

Grakan BDS bertujuan memberikan tekanan ekonomi kepada Israel dengan harapan agar negara tersebut memberikan hak setara kepada Palestina. Gerakan ini umumnya mencakup perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pemukiman ilegal, mengeksploitasi sumber daya alam di tanah Palestina, serta memanfaatkan warga Palestina sebagai tenaga kerja murah.

Daftar Produk Teknologi Israel yang Diboikot melalui BDS

Beberapa produk teknologi milik Israel yang menjadi sasaran boikot melalui gerakan BDS, seperti yang dihimpun oleh CNBC Indonesia, meliputi…

Peningkatan gerakan boikot produk Israel setelah fatwa MUI dan dukungan global terhadap gerakan BDS menunjukkan solidaritas yang berkembang untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Jurnal/mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *