News  

Dampak Konsumsi Gula Berlebih Bagi Anak-anak

Jurnalindo.com – Makanan dan minuman yang memiliki rasa manis memang menjadi favorit anak-anak.

Tanpa kita sadari, beragam makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi kerap dikonsumsi oleh anak-anak, misalnya permen, kue kering, biskuit, cokelat, jus buah kemasan, atau minuman bersoda.

Padahal, konsumsi gula secara berlebihan pada anak dapat menyebabkan masalah pada kesehatan serta tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus bisa membatasi konsumsi makanan dan minuman manis pada anak.

Baca Juga: Duduk Terlalu Lama Sebabkan Sakit Punggung? Cegah dengan Cara Ini

Pada dasarnya, gula memang menjadi sumber energi untuk tubuh, namun jika konsumsinya berlebihan maka akan menimbulkan masalah.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan dari konsumsi gula secara berlebih pada anak-anak.

1. Kerusakan gigi
Anak yang terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi. Terlebih, jika anak belum bisa atau tidak terbiasa untuk membersihkan giginya secara teratur.

2. Obesitas
Konsumsi gula berlebih juga menjadi salah satu penyebab anak mengalami obesitas selain faktor genetik, kurang melakukan aktivitas fisik atau kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat.

3. Penyakit diabetes
Asupan gula berlebih pada anak yang dibiarkan terus menerus juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Dalam jangka panjang, penyakit diabetes yang tidak terkontrol juga dapat memicu beragam penyakit serius, misalnya kerusakan saraf, masalah fungsi ginjal, gangguan penglihatan, bahkan penyakit stroke.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Kanker Mulut dan Perlu Kamu Waspadai

4. Penurunan daya ingat serta konsentrasi
Dikutip dari alodokter, sebuah penelitian menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumsi asupan gula berlebih pada anak dapat mengganggu kemampuan otak untuk berfungsi secara optimal. Bahkan, kondisi ini juga bisa berdampak pada penurunan daya ingat dan konsentrasi anak sehingga dapat memengaruhi prestasi belajar di sekolah.

(Nawa)

Sumber : alodokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *