News  

Wow! DKP NTB salurkan bantuan satu juta ekor benih ikan air tawar

jurnalindo.com, (14/10/2022) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendistribusikan 1 juta benih ikan air tawar ke berbagai kelompok masyarakat mulai Januari hingga Oktober 2022.

Ketua DKP Muslim NTB, di Mataram, Kamis, menjelaskan penyaluran bantuan benih ikan air tawar ini dalam rangka meningkatkan cadangan pangan dari sisi perikanan sekaligus meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat NTB.

“Dengan mendekatkan ketersediaan ikan, diharapkan cadangan pangan masyarakat semakin kuat,” kata Muslim.

Pada 2022, kata dia, pihaknya menargetkan hingga 1,3 juta benih ikan dapat didistribusikan ke masyarakat secara gratis. Ada lima Balai Perbenihan Ikan (BBI) Pemprov NTB yang mendukung penyiapan benih ikan air tawar, yaitu BBI di Kecamatan Bima, Dompu, Kumbung dan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dan BBI Aikmel di Kabupaten Lombok Timur.

Baca Juga: NTB raih tiga penghargaan TPID terbaik dari Kemenko Perekonomian

Muslim menambahkan, benih ikan tersebut dibagikan secara cuma-cuma kepada kelompok masyarakat yang meminta dan tergolong miskin atau sesuai kebutuhan di wilayahnya.

Dilansir Antaranews.com, benih ikan yang dibagikan secara gratis dimaksudkan untuk meningkatkan ketersediaan ikan di sentra budidaya ikan air tawar dan air umum seperti kolam, bendungan, dan sungai.

“Kami berharap masyarakat yang wilayahnya jauh dari pantai dan ketersediaan ikan lautnya kurang, mereka bisa mancing di perairan umum dan aliran-aliran air,” ujarnya.

Dikatakannya, upaya pemberian bantuan benih ikan gratis ini diharapkan mampu meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat NTB yang semakin membaik. Dengan meningkatnya tingkat konsumsi, kualitas sumber daya masyarakat dapat ditingkatkan lebih baik.

Angka konsumsi ikan masyarakat NTB berdasarkan perhitungan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2021 adalah 50,49 kg (kg) per kapita per tahun. Jumlah ini meningkat dari 50,21 kg/kapita/tahun pada tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *