News  

Tips Rebus Jeroan Daging Kurban

Jurnalindo.com – Selain melakukan shalat sunnah Iduladha, berkurban juga merupakan ibadah yang hanya dilakukan pada momen ini.

Dalam hal ini, banyak orang yang menyembelih hewan kurban dan membagikannya pada masyarakat sekitar. Nah, ini merupakan salah satu momen yang paling dinantikan ketika Iduladha, pasalnya daging yang sudah dibagikan akan diolah menjadi menu utama seharian penuh.

Memasak daging kurban juga memiliki tehnik tersendiri lho, agar daging tidak berbau amis ketika akan dimakan. Terutama pada bagian dalam daging seperti usus dan jeroan.

Berikut ini tips rebus jeroan daging kurban ala President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso.

Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group itu mengatakan, perebusan bisa dua hingga tiga kali walau menggunakan rempah-rempah.

“Sebenarnya yang terbaik jeroan harus dicuci bersih dulu sebelum diolah terutama di dalam usus, kemudian direbus sebentar dengan mempergunakan rempah. Bisa jahe bisa cengkeh kemudian dibuang airnya. Bisa 2-3 kali,” kata dia dilansir dari antaranews.

Rempah yang umum digunakan antara lain jahe, sereh, cengkeh dan kayu manis.

Stefu menuturkan, buang air rebusan lalu rebuslah kembali jeroan dengan garam dan rempah hingga matang.

“Airnya dibuang untuk menghilangkan kotoran yang ada kemudian direbus hingga matang dengan garam dan rempah,” tutur dia.

Ada beragam hidangan yang terbuat dari jeroan, mulai dari rendang paru, gulai otak, satai usus, sego babat, satai uritan hingga rempelo ati goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *