News  

Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berjerawat

jurnalindo.com – Kulit berjerawat cenderung sensitif jika terkena sesuatu. Tangan yang kotor serta debu yang menempel dapat dengan mudah menambah ruam jerawat pada wajah Kamu. Jika tidak berhati-hati dalam merawat, justru dapat membuat jerawat pada wajah Kamu cenderung semakin parah.

Merawat wajah berjerawat diperlukan kesabaran ekstra, harus rutin dibersihkan namun juga tidak boleh terlalu sering, susah bukan. Termasuk dalam hal memilih skincare, banyak pertimbangan yang harus Kamu ketahui sebelumnya.

Eits jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Kamu lakukan jika kulit wajahmu sedang berjerawat. Simak yuk!

1. Pelajari kandungan produk yang akan dipilih

Cara pertama yang harus Kamu lakukan ketika akan memilih skincare adalah mempelajari setiap kandungan produk. Kulit berjerawat sebaiknya memilih produk perawatan wajah yang non komedogenik dan oil free.
Pada seluruh rangakaian skincaremu cobalah hindari yang non komedogenik. Lantas, kenapa harus memilih yang non komedogenik? Sebab non komedogenik ini tidak akan memicu timbulnya komedo pada wajah.
Komedo dapat tumbuh menjadi jerawat, sehingga pemilik kulit berjerawat sebaiknya perhatikan apakah produk yang digunakan adalah non komedogenik atau non acnegenic.

2. Pilih produk sesuai jenis kulit

Semua orang mempunyai jenis kulit wajah yang berbeda. jenis kulit ini juga dapat berubah seiring dengan pertambahan usia dan bisa dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah faktor lingkungan.
Ketika kita berada di lingkungan yang kurang bersih dan tidak rutin membersihkan kulit contohnya, maka akan lebih rentan terkena infeksi jamur dan bakteri penyebab jerawat.

Perawatan setiap jenis kulit wajah pada seseorang biasanya berbeda. Jenis kulit wajah sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu kulit wajah normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.
Menggunakan produk yang tidak sesuai jenis kulit juga bisa memicu munculnya jerawat atau berbagai permasalahan kulit lainnya. Jadi, biasakan melihat label kemasan produk, terkait kecocokannya dengan tipe kulit wajah tertentu.

3. Pilihlah skincare dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid

Sebelum Kamu memutuskan untuk membeli skincare, sebaiknya cek dulu, apakah produk yang ingin Kamu beli sudah mengandung benzoyl peroxide dan salicylid acid. Kedua zat ini dipercaya ampuh untuk menyembuhkan jerawat.

4. Pilihlah sunscreen yang oil free

Buat kamu yang punya banyak aktivitas di luar ruangan, coba pilih sunscreen dengan label oil-free. Kandungannya yang minim pelembap dan gak menyumbat pori-pori, akan membuat kulit terlindungi tanpa harus merasa terganggu. Namun tetap pastikan bahwa sunscreen yang kamu pakai mengandung SPF antara 15 dampai 30. Jika sedang ke pantai maka gunakan yang kandungan SPFnya 50.

5. Gunakan facial wash yang berbusa

Cara mudah untuk menjaga kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara dengan rajin.
Lakukan cuci muka dua kali sehari, baik pagi maupun malam.
Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang harus diperhatikan adalah memilih facial wash atau sabun muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *