News  

Perhelatan KTT G20 jadi awal kebangkitan pariwisata Bali

NUSA DUA, BALI, 17/11 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga U no menilai rangkaian acara KTT G20 dapat merevitalisasi sektor pariwisata Indonesia, termasuk Bali.

“Kami lihat bahwa ini bukan hanya awal kebangkitan kita, tapi ini juga menjadi formula kebangkitan yang lebih inklusif di masa depan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam wawancara bersama Antara di Jimbaran, Bali, Kamis.

Pemerintah juga mengharapkan pertumbuhan pariwisata yang signifikan. “Tahun ini kami menargetkan Bali bisa masuk lima besar nasional, mudah-mudahan bisa menembus angka 5 sampai 6 persen,” kata Menparkraf.

Menurut Sandiaga, sektor pariwisata di Bali pada triwulan III 2022 menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan dan pertumbuhan ekonomi Bali juga mencapai 8,1 persen.

Ia menjelaskan, pertumbuhan tersebut ditopang oleh tiga pilar pariwisata, yakni sektor transportasi, akomodasi, dan jasa.

Sandiaga menjelaskan indeks pariwisata Indonesia juga naik 12 peringkat pada 18 bulan terakhir, melewati Malaysia, Thailand, dan Vietnam, menjadi peringkat 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021.

“Hal itu ternyata karena kebijakan kita yang memprioritaskan kebangkitan yang inklusif dan memprioritaskan penyiapan destinasi Bali dan lima destinasi super prioritas lainnya,” kata Sandiaga.

Baca Juga: DKP Pati Salurkan 3.991 Paket Sembako Kepada Jompo dan Janda, Rencana Akhir Tahun Ini, DKP Keluarkan Lagi.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Bali pada triwulan III 2022 atau periode Juli-September tumbuh sebesar 8,09 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan II-2022 tumbuh sebesar 3,04 persen (yoy), meningkat dari triwulan I yang tercatat 1,46 persen (yoy).

Selain itu Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata selama Oktober-Desember 2022 akan berada di kisaran 5 persen. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *