News  

Penyebab Gagalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Jurnalindo.com – Pembatalan Drawing Piala Dunia U-20 2023 tentu saja memiliki sebab. Maka berikut penyebab dan beragam dampak merugikan yang berpotensi tiba seiring dengan pembatalan ini.

Di lansir dari bola.okezone.com Pada Kamis (30/3/2023), PSSI lewat Exco Arya Sinulingga mengumumkan terkait pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023. Seharusnya, acara ini digelar pada 31 Maret 2023 mendatang.

Namun Arya mengatakan bahwa PSSI mendapat informasi dari FIFA pada Sabtu 25 Maret 2023 pagi WIB tentang pembatalan ini.

Baca Juga: Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah FIFA U-20 World Cup 2023

Saat memberikan keterangan saat konferensi pers, Arya menyampaikan alasan FIFA membatalkan drawing salah satunya adalah penolakan kepada Timnas Israel U-20 oleh Gubernur Bali, Wayan Koster 

Tentu saja hal tersebut berpotensi memberikan dampak negatif terhadap sepakbola Indonesia. Namun, dia juga menyadari sulitnya memisahkan politik dan sepakbola.

“Saat ini, kami sedang memikirkan cara bagaimana Indonesia tidak dikucilkan dalam sebuah ekosistem sepakbola di dunia,” kata Arya, Minggu (26/3/2023)

Terkait dengan hal ini, PSSI pun tak menutup kemungkinan Indonesia bakal kena sanksi FIFA. Bahkan sanksi berat pun bisa dijatuhkan lantaran masalah ini.

“Kami tidak menutup kemungkinan adanya konsekuensi-konsekuensi yang harus diterima oleh Indonesia dan PSSI akibat adanya permasalahan yang terjadi sehubungan dengan proses penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia,” kata Arya.

Tentu hal ini menjadi kabar buruk bagi sepakbola Indonesia yang sedang mencoba berkembang.

Lain daripada itu, apabila piala dunia U-20 gagal di laksanakan, maka nama Indonesia otomatis tercoreng.

 

(Alf/jurnalindo)

Sumber: bola.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *