News  

Musim hujan tiba, Dokter menyarankan Imunitas untuk anak

Tangerang, 07/11 – Dokter spesialis anak di RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang, dr. Iqbal Zain Asadiqi mengungkapkan, kekebalan anak meningkat saat musim hujan, sehingga mudah tertular infeksi yang disertai gejala seperti batuk dan pilek.

Ia mengatakan, orang tua dapat mengharapkan anak tidak mudah terserang penyakit, khususnya mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan tangan.
Kemudian orang tua mengajarkan anaknya etika batuk dan bersin yang baik, seperti menutup hidung dan mulut. Jika bersin dan batuk, tutupi tisu, sapu tangan atau lengan siku.

 “Diutamakan dengan menggunakan sabun. Jika tidak ada, bisa menggunakan hand sanitizer,” kata dr. Iqbal Zein Assyidiqie dalam keterangannya di Tangerang Senin.

Kemudian pastikan anak-anak memakai masker, terutama saat berada di keramaian. Berikan nutrisi yang seimbang, cairan yang cukup dan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh lebih optimal untuk melawan kuman penyakit.

Baca Juga: Gerak cepat, 10 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke Gedung Bappelitbang Bandung

“Jika diperlukan, bisa diberikan suplemen vitamin. Untuk vitamin apa yang terbaik untuk diberikan, bisa konsultasikan kepada dokter atau fasilitas kesehatan terdekat,” katanya.

 Iqbal Zein Assyidiqie menambahkan bagi orang dewasa, perubahan cuaca bagi tubuh bisa cepat beradaptasi karena imunitas tubuh yang sudah terbentuk dengan baik.

“Namun untuk bayi, perubahan cuaca sangat rentan bagi kondisi tubuh sebab cuaca yang dingin dan lembab memicu kuman menjadi lebih berkembang sehingga mudah menyerang tubuh anak,” ujarnya. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *