News  

Mengenang Dorce Gamalama

jurnalindo.com – Artis senior sekaligus penyanyi tanah air, Dorce Gamalama pagi tadi tutup usia. Artis yang lumayan kontroversial karena transgender ini sebelumnya memang sudah mengalami sakit. Transgender yang akrab disapa Bunda Dorce ini sempat ramai bermunculan di media online bebrapa waktu lalu, perihal videonya yang meminta bantuan kepada Presiden Joko Widodo untuk membantu membayar biaya pengobatanya.

Diusia 58 tahun, Bunda Dorce tutup usia disebabkan COVID-19. Namun sebelumnya Beliau juga diketahui sempat dirawat dirumah sakit beberapa hari karena penyakit diabetes yang diidapnya.

Selain itu, Dorce Gamalama sempat mengidap sakit batu ginjal pada 2019. Dorce Gamalama juga sering bolak-balik rumah sakit sejak pertengahan 2020 hingga 2021.

Berikut ini kiprah Dorce Gamalama dalam dunia hiburan.

1. Sempat memmbintangi film berjudul Dorce Sok Akrab pada tahun 1989 lalu

Generasi 90-an tentu tidak asing lagi dengan sosok Bunda Dorce Gamalama. Ia merupakan salah satu artis yang memulai karier di industri hiburan dengan menyanyi. Tidak hanya itu, Bunda Dorce juga sempat membintangi film pada era 89.

2. Sempat mendapatkan MURI

Pada 2006 lalu, Dorce menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas peluncuran sembilan album sekaligus yang berisi 90 lagu hanya dalam waktu hanya lima bulan. Artis kelahiran Solok, Sumatra Barat, 21 Juli 1963 ini pun dikenal sebagai artis multitalen.

3. Sempat menjadi presenter

Sempat menjadi presenter dibeberapa program televisi, Bunda Dorce semakin banyak dikenal orang. Hal ini menyebabkan Beliau menjadi salah satu Presenter papan atas saat itu.

4. Jiwa sosial tinggi

Diketahui semasa hidup almarhum Dorce mempunyai jiwa peduli yang tinggi, bahkan Beliau mempunyai yayasan anak yatim bernama Dorce halimatussa’diyah dengan ribuan anak yatim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *