News  

Kirimkan tim darurat, Freeport Indonesia bantu bencana alam di Cianjur

Jurnalindo.com, Jayapura, 24/11 – PT Freeport Indonesia (PTFI) menurunkan lima tim tanggap darurat untuk membantu evakuasi korban bencana alam di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, berangkat dari Bandara Mozes Kilangin, Kabupaten Timika, Provinsi Papua Tengah .

Tim tanggap darurat yang diberangkatkan merupakan permintaan dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada perusahaan tambang untuk membantu penanggulangan bencana alam gempa bumi tersebut, kata Direktur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Dataran Rendah PT Freeport Indonesia Periyadi di siaran pers di Jayapura, Kamis. . Gempa Bumi terjadi pada 21 November 2022.

“Tim darurat tersebut terdiri dari tiga orang personil tim EP&R dan dua orang personil UGMR atau Underground Mine Rescue utusan PTFI memiliki spesialisasi search & rescue serta tambahan dua orang personil dari ISOS Jakarta dengan spesialisasi kemampuan Paramedic,” katanya.

Menurut Periyadi, sebelum terjun ke lokasi bencana di Cianjur, tim akan bergabung dengan Jakarta sebanyak dua tenaga medis setelah itu melanjutkan perjalanan untuk melakukan koordinasi di bawah komando Kementerian ESDM.

Baca Juga: Gol pembuka Ronaldo jadikan Portugal berhasil tekuk Ghana 3-2 di Piala Dunia 2022 Qatar

“Tim tanggap bencana PTFI berangkat membawa peralatan lengkap nantinya akan melapor dan berkoordinasi untuk pembagian tugas di lapangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tim tanggap bencana membawa peralatan penyelamatan dan evakuasi serta berbagai peralatan pendukung lainnya antara lain peralatan medis, kamera infra merah, detektor gas, satelit GPS, baterai ekstraksi, dan teropong tandu.

“Seluruh peralatan akan mendukung tim tanggap bencana PTFI dalam melakukan evakuasi korban di lokasi kejadian,” kata Periyadi.

Ia menambahkan, selama 15 tahun terakhir, pihaknya secara konsisten mendukung upaya penyelamatan dan evakuasi bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia, termasuk mendukung evakuasi kecelakaan transportasi di beberapa wilayah di Papua. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *