News  

Ketegasan dan Keberanian Erick Thohir – Shin Tae-yong: Timnas Lebih Tangguh

Jurnalindo.com – Timnas Indonesia U-23 baru saja meraih kemenangan di laga pembuka kualifikasi piala AFC U-23 Grup K. Melawan China Taipei semalam di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah, Tim asuhan Shin Tae-yong tak sekedar menang namun pesta gol 9-0.

Kesit Budi Handoyo selaku pengamat sepak bola menyebut faktor ketegasan ketua umum PSSI Erick Thohir dan keberanian sang arsitek asal Korea Selatan membuat Timnas Indonesia U-23 kini semakin tangguh.

“STY mampu menciptakan sebuah tim yang berisikan pemain-pemain muda Indonesia. Selain itu sejak ditangani STY banyak pemain muda hadir dan kehadirannya bisa diandalkan. Ini tentu merupakan buah dari keberaniannya menampilkan pemain-pemain baru untuk diturunkan dalam laga uji coba.” ujar Kesit ketika dihubungi Minggu (10/9/2023).

Baca Juga: Mengapa Daun Mint Menjadi Pilihan Utama untuk Aromaterapi? Ini Jawabannya

Kesit juga menyebut Peran ketua umum PSSI dalam membentuk Timnas yang tangguh. “Peran ketum PSSI tentu ada. Sebagai orang nomor satu di PSSI yang diperlukan adalah kebijakannya dan perhatiannya terhadap timnas. Tentunya termasuk juga dengan ketegasan dia terhadap klub-klub yang pemainnya dipanggil memperkuat timnas, khususnya dlm menghadapi event resmi internasional yang masuk dalam kalender resmi FIFA atau AFC.”

Kesit mengingatkan pesta gol semalam jangan menjadi euforia sesaat. “Kemenangan atas China Taipei tentu wajib kita apresiasi. Namun jangan terjebak dalam euforia yang berlebihan karena kelas tim lawan tidak sebaik Indonesia.”

“Kemenangan ini penting sebagai modal untuk menghadapi Turkmenistan di laga selanjutnya. Setidaknya kemenangan besar Indonesia bisa menjadi pesan warning buat Turkmenistan,” ucap Kesit.

Pertandingan antara Indonesia melawan Turkmenistan akan digelar pada Selasa (12/9/2023). Indonesia cukup meraih hasil imbang untuk memastikan tiket lolos Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan.

 

(Alf/jurnalindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *