News  

Kemenkominfo: Kami Upayakan Pelaku UMKM Paham Teknologi Finansial

Jurnalindo.com – Jakarta, 14/12 – Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya memastikan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah memahami layanan yang ditawarkan oleh financial technology (fintech).

 

Hary Budiarto, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam acara “10×1000 Indonesia Chapter-2022: Networking Start Here!” pada hari Rabu melihat bahwa fintech dapat berperan penting dalam digitalisasi UMKM , salah satu program yang sedang digalakkan pemerintah saat ini.

 

Fintech diyakini dapat berkontribusi dalam transaksi UMKM, misalnya dengan menggunakan dompet digital untuk pembayaran. Layanan fintech juga mencakup akses permodalan melalui perusahaan peer-to-peer lending.

“Target UMKM onboarding bertujuan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi menjadi suatu potensi ekonomi yang sangat besar di Indonesia dan menjadikan tekfin sebagai kontributor penting dalam digitalisasi UMKM,” kata Hary.

Pemahaman fintech oleh pelaku UMKM juga dinilai sejalan dengan Indonesia Digital Roadmap 2021-2024 untuk transformasi digital Indonesia.

 

Di bidang infrastruktur digital, perluasan infrastruktur digital di seluruh wilayah ditujukan untuk memberikan akses jaringan telekomunikasi dan internet kepada lebih banyak masyarakat. Dengan akses internet, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai potensi, termasuk layanan fintech.

 Baca Juga: MenkopUKM: UMKM perlu transformasi digital akses pasar lebih luas

Dalam sumber daya manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika memandang penting Indonesia memiliki talenta-talenta digital agar dapat memetik manfaat dari ekonomi digital. Salah satu kegiatan yang dilakukan Kemenkominfo adalah pemberian beasiswa pelatihan bagi talenta digital.

 

Terdapat kursus pelatihan wirausaha dalam program Digital Talent Scholarship yaitu Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Departemen Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan pihak swasta memasukkan materi 10×1000 Tech for Inclusion tentang fintech ke dalam kurikulum DEA.

 

Di bidang ekonomi digital, Kemenkominfo melihat pertumbuhan ekonomi digital yang baik akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

 Baca Juga: G20 Indonesia berpotensi mendukung UMKM lokal

Program 10×1000 dilaksanakan untuk membekali para pengusaha, termasuk UMKM, dengan literasi digital. Program ini ditujukan untuk 1.000 peserta yang akan mendapatkan pelatihan keterampilan digital setiap tahun selama 10 tahun ke depan. (jurnalindo/salman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *