News  

Jenis-jenis Buah Alpukat yang Banyak Ditemui Di Indonesia

Jurnalindo.com – Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan, buah yang satu ini dijuluki sebagai superfood karena banyaknya kandungan nutrisi serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Alpukat sendiri banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia, sehingga untuk mendapatkan buah satu ini bukan merupakan hal yang sulit.

Baca Juga: Lakukan Sederet Tips Ini Jika Kamu Ingin Pasanganmu Tambah Sayang

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis-jenis alpukat, saking banyaknya tak jarang orang mengonsumsi alpukat tanpa mengetahui jenisnya.

Berikut ini beberapa jenis alpukat yang banyak ditemui di Indonesia.

1. Alpukat mentega

Alpukat Mentega memiliki daging yang tebal, halus, lembut serta tidak berserat. Seperti halnya mentega, alpukat jenis ini memiliki warna kehijauan atau kekuningan. Alpukat ini memiliki rasa yang gurih dan tidak pahit.

Alpukat jenis mentega ini berbentuk bulat. Buah mudanya berwarna hijau tua, sedangkan buah tua berwarna hijau muda dan kusam.

2. Alpukat kendik

Alpukat jenis ini merupakan hasil persilangan antara tanaman alpukat Kendall dan alpukat Gunung Pati. Alpukat Kendil merupakan salah satu varietas alpukat terbaik.

Alpukat kendil memiliki ukuran yang lumayan besar, yaitu memiliki berat antara 1,7 hingga 2 kilogram per buah. Alpukat jenis ini memiliki bentuk yang agak bulat tetapi bentuknya tidak terlalu lonjong.

Alpukat jenis ini memiliki kilit yang berwarna hijau muda hingga matang. Dagingnya kuning dan tebal, dan bijinya kecil. Alpukat Kendil memiliki rasa gurih dengan sedikit rasa manis.

3. Alpukat aligator

Alpukat buaya atau sering disebut aligator ini adalah alpukat Meksiko. Alpukat ini dikenal sebagai alpukat raksasa karena memiliki ukuran dan panjang yang sangat besar.

Alpukat buaya memiliki berat antara 700 dan 1130 gram per buah. Sedangkan panjangnya sekitar 70 hingga 80 sentimeter.

Alpukat aligator memiliki daging berwarna kuning krem ​​yang sangat tebal dan lembut. Alpukat ini memiliki rasa yang tak kalah enak jika dibanding dengan jenis lain.

Alpukat jenis ini memiliki bentuk buah yang bulat dan memanjang, membesar di bagian bawah dan mengecil di bagian pangkal.

4. Alpukat pluwang

Alpukat Pluwang adalah jenis alpukat dengan rasa gurih dan sedikit manis. Memiliki tekstur daging yang lebih pulen, lebih tebal dan tidak berserat.

Buahnya berwarna kuning tua bersih, kulitnya berwarna hijau tua yang licin dan mengkilat.

5. Alpukat miki

Alpukat jenis miki memiliki daging yang sangat cerah dan tebal.

Alpukat jenis ini memiliki ukuran yang besar, memiliki berat rata-rata sekitar 400-600 gram per buah. Alpukat Miki memiliki rasa manis dan gurih yang tidak meninggalkan rasa pahit di lidah.

Itulah beberapa jenis alpukat yang ada di Indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

 

(Nawa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *