News  

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E

jurnalindo.com – Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada kulit dan system imun tubuh. Padahal, saat Pandemi covid-19 seperti ini, imun tubuh harus dijaga dengan baik, agar tidak mudah kerasukan virus.

Selain itu, kekurangan vitamin E juga dapat menjadi masalah pada kulit. Anda tentu sudah sering melihat orang yang masih muda, tetapi mempunyai kulit yang keriput. Itu  salah satu tanda bahwa orang tersebut kekurangan vitamin E.
Karena itu, Anda harus memperhatikan juga bahwa Vitamin E mempunyai peranan penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus untuk merawat kulit.

Bagi perempuan, perawatan kulit sangatlah penting, karena nanti akan berkait dengan kepercayaan diri saat bertemu dengan banyak orang.

Berikut ini adalah 5 tanda-tanda Anda kekurangan vitamin E.

Otot terasa lemah

Dilansir dari Medical News Today, vitamin E merupakan salah satu antioksidan sehingga kekurangan vitamin ini akan menimbulkan stres oksidatif sehingga timbul kerusakan saraf dan otot. Kerusakan saraf dan otot bisa mengarah pada otot lemah maupun rasa sakit.

Masalah penglihatan

Vitamin E nyaris tidak pernah disinggung jika bicara soal kesehatan mata. Namun pada orang yang kekurangan vitamin E cukup parah bisa mengalami kemunduran kemampuan melihat.
Kekurangan vitamin E bisa melemahkan reseptor pada retina dan sel lain pada mata. Jika dibiarkan, mata bisa benar-benar kehilangan fungsinya.

Gangguan koordinasi tubuh

Karena sangat berkaitan dengan kesehatan saraf, kekurangan vitamin E akan memicu gangguan koordinasi tubuh. Kerusakan saraf dan otot bisa sampai mengganggu kinerja otot gerak misalnya saat berjalan, kemudian masalah pada refleks tubuh.

Kesemutan hingga mati rasa

Kesemutan menjadi tanda sederhana Anda kekurangan vitamin E. Kerusakan saraf dan otot juga akan mengakibatkan mati rasa khususnya pada lengan dan kaki.

Sistem imun melemah

Vitamin E turut berperan dalam mendukung kinerja sistem imun. Saat tubuh kekurangan vitamin E, otomatis sistem imun melemah. Dilansir dari Greatist, studi menunjukkan orang dewasa tua memerlukan vitamin E lebih banyak untuk mengimbangi perubahan pada sistem imun karena pertambahan usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *