News  

Info BMKG: Waspadai potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan

Jurnalindo.com, JAKARTA, 14/11 – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali meminta masyarakat di sejumlah kabupaten waspada terhadap kemungkinan cuaca buruk seperti hujan lebat disertai petir, hujan es, dan hujan es. topan dalam minggu mendatang.

Dalam prakiraan cuaca mingguan (11-17 November 2022) yang dikutip dari laman resmi BMKG, Senin, kondisi cuaca di Indonesia umumnya masih didominasi hujan mendung hingga hujan ringan dengan durasi singkat dan berselang-seling pada sore hingga malam hari.

Namun, kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga berat masih terjadi di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan, Papua Barat, dan Papua dalam sepekan mendatang.

Dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrim adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin, sehingga perlu berhati-hati.

Baca Juga: Dedikasi Polres Asahan berikan bantuan sembako korban banjir

Hal ini diperkuat oleh indikator global seperti SOI (9.9), NINO 3.4 (-0.71) dan IOD (-0,33) yang menunjukkan nilai signifikan karena kondisi tersebut akan mendukung pertumbuhan awan hujan di Indonesia.

Gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diperkirakan akan aktif di wilayah Aceh dan Sumatera Utara pada minggu depan yang mendukung kemungkinan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau di Selat Sunda bagian selatan, Samudera Hindia bagian barat Sumatera, dan Kalimantan bagian barat.

Daerah siklonik juga terpantau di wilayah Laut Natuna dan Samudera Pasifik sebelah utara Maluku Utara sehingga mendukung adanya potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *