Elektabilitas Anies-Muhaimin Meroket, Nasdem: Tidak Terkejut dan Tetap Fokus

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, mengungkapkan ketidakterkejutannya terhadap meroketnya elektabilitas pasangan Anies (Sumbere foto: TVonenews)
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, mengungkapkan ketidakterkejutannya terhadap meroketnya elektabilitas pasangan Anies (Sumbere foto: TVonenews)

Jurnalindo.com, –  – Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, mengungkapkan ketidakterkejutannya terhadap meroketnya elektabilitas pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN). Pasangan ini berhasil mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam beberapa hasil survei, termasuk survei Litbang Kompas yang menunjukkan elektabilitas AMIN sebesar 16,7 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud sebesar 15,3 persen.

Ahmad Ali menyatakan bahwa kenaikan elektabilitas AMIN sudah terlihat sejak lama. “Kalau itu kan sudah lama sebenarnya (elektabilitas AMIN ungguli Ganjar-Mahfud),” ujar Ali kepada wartawan pada Senin (11/12/2023).

Meskipun demikian, Ali menyoroti angka 28,7 persen pemilih yang masih bimbang menurut survei Litbang Kompas. Tim Nasional AMIN tetap fokus pada upaya pemenangan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. “Sekali lagi, apa pun itu tidak berarti apa-apa buat kami,” tegas Ali.

Dalam survei Litbang Kompas yang dilakukan pada Desember 2023, tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dinilai oleh responden. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi teratas dengan elektabilitas 39,3 persen. Disusul oleh Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud sebesar 15,3 persen. Sementara 28,7 persen responden belum menentukan pilihan.

Survei tersebut dilakukan secara tatap muka pada tanggal 29 November hingga 4 Desember 2023 dan melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak. Metode pencuplikan sistematis bertingkat digunakan di 38 provinsi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sekitar 2,65 persen.

Dengan hasil survei ini, perjalanan menuju Pilpres 2024 semakin menarik dengan persaingan yang ketat di antara pasangan calon yang bersaing. Tim AMIN berkomitmen untuk terus bekerja keras guna memenangkan kepercayaan rakyat Indonesia dalam pemilihan mendatang. (Replublika/Nada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *