News  

Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Efektif

jurnalindo.com – Jika Anda mencoba untuk menghafal sesuatu, cobalah untuk memahami apa yang Anda hafal. Otak akan lebih mudah memproses informasi yang terlacak. Misalnya, gunakan rumus berikut 5W + 1H.

  1. Apa: Topik apa yang Anda coba hafalkan?
  2. Siapa: Siapa yang terlibat dalam masalah ini?
  3. Kapan: Kapan saatnya tiba?
  4. Dimana: Di mana itu terjadi?
  5. Mengapa: Mengapa hal ini terjadi?
  6. Bagaimana: Bagaimana prosesnya?

Dengan mengajukan pertanyaan sendiri terkait topik, Anda akan lebih mudah mengingatnya. Saat Anda menghafal dengan rumus 5W+1H, tidak ada salahnya membuat catatan kecil agar bisa membantu proses menghafal.

  1. Temukan informasi utama yang disediakan

Kebanyakan orang hanya menghafal kalimat tanpa mengetahui informasi utamanya. Cobalah untuk mencari tahu informasi utama yang diberikan. Caranya adalah dengan memberikan highlight atau warna-warna cerah saat menemukan informasi penting. Ada informasi penting di awal paragraf atau di akhir paragraf. Memberikan stabilo akan membuat pencarian Anda lebih mudah. Anda tidak perlu membaca ulang semua kalimat karena bagian-bagian penting sudah ditentukan. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk membuat ringkasan dalam bentuk tempat menarik.

  1. Mainkan kata-kata untuk memudahkan menghafal

Teknik permainan kata dapat diterapkan untuk menghafal kalimat-kalimat sulit. Caranya, lihat dulu kalimat yang akan dihafal. Selanjutnya, cari padanan kata, terutama yang sesuai dengan konteksnya. Otak dapat memproses informasi baru lebih cepat karena sudah memiliki pengetahuan atau ingatan sebelumnya. Cobalah membuat persamaan untuk kata-kata yang sudah Anda ketahui.

  1. Tulis ulang poin utama

Setelah selesai membaca, cobalah untuk menulis ulang. Secara langsung, otak akan mengingat informasi yang diperoleh dan menyimpannya kembali. Agar lebih menarik, buatlah catatan dengan gambar-gambar lucu. Anda juga dapat menulis dengan pena berwarna.

  1. Jeda saat menghafal

Jangan menyimpan terus menerus tanpa gangguan. Otak akan merasa lelah dan proses menghafal akan menemui hambatan. Tanpa istirahat, otak juga bisa lebih pusing dan dipaksa untuk menghafal. Atau, Anda dapat beristirahat atau mengistirahatkan otak Anda dengan mempelajari topik lain. Mempelajari topik yang sama terkadang membuat otak bosan. Ketika diselingi dengan topik yang berbeda, pikiran akan segar kembali dan siap menerima informasi baru.

  1. Pertahankan suasana hati yang baik

Cari tahu waktu terbaik untuk fokus pada Anda. Biasanya, ketika saatnya tiba, mood sedang bagus dan kegiatan menghafal tidak akan menjadi beban. Ada tipe orang yang bisa fokus menghafal di malam hari, tapi ada juga yang bisa fokus menghafal di pagi hari. Setelah Anda mengetahui waktu terbaik untuk menabung, proses menabung akan lebih cepat. Jika bosan, coba cuci muka sampai mandi.

Demikian Tips Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Efektif yang bisa kami rangkum, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua. Dan masih banyak lagi artikel yang menarik untuk dibaca di jurnalindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *