News  

Cara Membedakan Minyak Goreng Asli dan Palsu

jurnalindo.com – Belakangan ramai beredar kabar bahwa ada sekelompok oknum melakukan pemalsuan terhadap minyak goreng. Tentu hal ini sangat disayangkan mengingat langkanya bahan dapur tersebut selama beberapa waktu.

Minyak goreng yang beredar di masyarakat mengalami kenaikan harga yang signifikan, dan hal ini tentunya memicu munculnya minyak goreng palsu dengan harga murah yang membuat masyarakat membelinya.

Nah, menyikapi hal seperti ini perlu Anda perlu tahu cara membedakan minyak goreng asli dan yang palsu. Hal ini dilakukan supaya Anda terhindar dari risiko penipuan.

Berikut ciri-ciri yang perlu Anda ketahui untuk membedakan minyak goreng asli dan palsu;

1. Lihat jernih tidaknya minyak goreng

Umumnya, minyak goreng asli akan memiliki warna kuning emas, sedangkan untuk minyak goreng palsu akan berwarna lebih gelap dari warna minyak goreng pada umumnya.

Hal ini dikarenakan minyak goreng palsu sudah dicampur dengan minyak goreng bekas sehingga warnanya cenderung tidak sejernih minyak goreng asli.

2. Lihat kekentalan pada minyak

Minyak goreng asli tidak bertekstur kental namun cair seperti air. Namun, beda halnya dengan minyak goreng palsu yang memiliki bentuk sangat kental.
Biasanya hal itu terjadi karena campuran minyak goreng bekas dengan proses berulang untuk memasak masakan. Kandungan bahan masakan seperti terigu, lemak dan lainnya akan menjadikan minyak goreng tersebut berubah menjadi lebih kental dari minyak goreng baru yang masih fresh.

3. Cobalah cium baunya

Minyak goreng palsu atau oplosan pasti memiliki bau. Hal ini karena minyak goreng tersebut sudah pernah digunakan. Bau yang muncul bisa bau amis, bau trasi bau gosong dan lainya.

4. Lakukan pengujian pada minyak tersebut

Cobalah gunakan minyak yang ingin Anda uji, caranya letakkan minyak goreng pada wajan lalu panaskan, setelah itu letakkan kertas minyak diatasnya, dan apabila di kertas minyak tersebut terdapat banyak bercak, maka minyak goreng tersebut memiliki kualitas yang buruk atau bahkan bisa terindikasi sebagai minyak goreng palsu.

Demikianlah beberapa cara yang dapat anda coba, tetap waspada dan berhati hati ketika akan membeli minyak goreng. Jangan tertipu harga murah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *