News  

Cara Melindungi Diri ketika Terjadi Angin Puting Beliung

Jurnalindo.com – Tidak ada yang tahu kapan angin puting beliung itu akan terjadi. Bahkan badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun tidak bisa memastikan.

BMKG hanya bisa memperkirakan melalui berbagai penelitian yang dilakukan. kemudian dibantu juga dengan berbagai alat yang ada.
Begitu juga dengan gempa bumi, semuanya hanya bisa memprediksi tanpa mengetahui kapan gempa itu akan terjadi.

Baca Juga: Sudah diatas angin, Prancis dengan tegas tidak takut jika tumbang di Piala Dunia 2022

Paling penting untuk dilakukan agar terhindar dari bencana adalah melakukan mitigasi, kesiapsiagaan akan terjadinya bencana.
Jangan sampai menyelepelkan bencana. Sebab, bencana bisa terjadi kapan saja, termasuk angin puting beliung.

Ada hal-hal yang perlu dilakukan sebelum terjadinya bencana. Pertama adalah dengan membuat rumah ataupun bangunan yang kokoh.

Hal ini mengingat ancaman bencana puting beliung yang sulit diprediksi karena merupakan fenomena atmosfer skala lokal dan meningkatkan pengetahuan tentang angin puting beliung serta cara menyelamatkan diri.

Baca Juga: Statistik dan prediksi jelang Piala Dunia 2022 Qatar, Kroasia vs Kanada

Selanjutnya adalah memperhatikan tanda-tanda terjadinya angin puting beliung, seperti udara terasa panas, kemudian muncul awan gelap yang berlangsung hingga sore hari.
Pada saat terjadi bencana, bawalah masuk semua barang ke dalam rumah, agar tidak terbawa angin kemudian tutup dan kunci jendela juga pintu.

Penting juga untuk mematikan listrik dan peralatan elektronik lainnya guna mencegah korsleting yang dapat memicu kebakaran.

Jika ada potensi petir akan menyambar, segera membungkuk, duduk, lalu dekap lutut kearah dada, dan jangan tiarap di atas tanah.
Bila berada di luar rumah saat puting beliung, hindari bangunan-bangunan tinggi seperti tiang listrik, papan reklame, dan jangan berlindung di bawah pohon besar karena bisa saja roboh dan menimpa.

Baca Juga: Kylian Mbape jadi Idaman pertandingan berkat dua gol yang bersarang di Denmark

Setelah terjadi bencana angin puting, segera pastikan keselamatan keluarga dan orang-orang terdekat. Bila terdapat korban, segera lakukan pertolongan pertama.

 

(Nawa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *