News  

BSI berikan bantuan panel surya di Aceh Timur

jurnalindo.com – Banda Aceh, 07/9 – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyerahkan bantuan panel surya guna membantu ketersediaan energi bagi masyarakat di Gampong/Desa Meunasah Asan Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

“Bantuan solar panel tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Meunasah Asan, karena desa tersebut saat ini belum ada listrik sehingga diperlukan sumber energi lain guna menunjang keperluan listrik warga setempat agar dapat menghidupkan ekonomi,” kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi di Banda Aceh, Selasa.

Di sela-sela penyerahan secara simbolis, ia mengatakan secara konsisten pihaknya terus berupaya menerapkan green economy, termasuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemasangan solar panel dan penanaman 10 ribu pohon bakau di Desa Meunasah Asan, Aceh Timur.

Ia menjelaskan pemberian solar panel untuk energi listrik yang ramah lingkungan dan penanaman pohon bakau (mangrove) menjaga abrasi air laut serta mengembalikan ekosistem alam yang rusak akibat perubahan iklim dan cuaca global di laksanakan di desa binaan perseroan, Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) Meunasah, Aceh Timur.

“Program CSR kami akan difokuskan untuk pembangunan desa yang berkelanjutan melalui green project (green energy, green environment dan sustainability), khususnya di Desa BSI ini. Kami akan terus berkontribusi dalam mencegah dan mengurangi dampak pemanasan global,” kata Hery.

Ia mengatakan sesuai arahan Presiden agar pihaknya ikut membantu pemerintah memasok listrik bertenaga surya, energi yang ramah lingkungan ke desa-desa terpencil di seluruh Indonesia.

Ia menambahkan salah satu wujud keberhasilan desa binaan BSI adalah hasil tambak bandeng seluas 200 ha di Desa Meunasah Asan mampu menembus pasar ekspor ke Korea Selatan dan Jepang sebanyak 60 ton.

Saat ini program Desa BSI sudah tersebar di 12 provinsi, 22 kabupaten, dan 24 desa di seluruh Indonesia, dengan penerima manfaat sebesar 1.600 kepala keluarga lebih.

Terdapat berbagai klaster usaha yang dikelola oleh masyarakat dari program desa binaan ini seperti pertanian, peternakan domba dan kambing, perikanan, peternakan sapi, pertanian, kopi, hingga ekowisata. (ara/rido)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *