News  

8 November nanti, Kemenag ajak umat shalat khusuf saat gerhana bulan

jurnalindo.com, Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk menunaikan salat hari raya atau salat gerhana seiring dengan gerhana bulan total yang akan datang pada 8 November 2022 mendatang.

“Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat.

Qamar al-Din mengatakan, undangan salat gerhana itu disampaikan kepada kepala Kanwil Kemenag untuk diteruskan kepada pegawai lain yang berada di bawah pengawasannya, termasuk pejabat pemerintah daerah, ulama, dan imam masjid.

“Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” kata dia.

Baca Juga: Inovasi Kemenag, meluncurkan Aplikasi e-AIW

Menurut dia, berdasarkan data astronomis, gerhana bulan total akan terjadi di seluruh Indonesia. Gerhana bulan total dapat disaksikan di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu pada kontak Umbra 3 (U3) pada pukul 18:42 WIB.

 

Sedangkan masyarakat di Riau, Jambi, Kepri, Bangka Belitung, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat bisa menyaksikan gerhana pada waktu puncak gerhana, yakni pukul 17:59 WIB.

Lalu, wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, gerhana dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT.

“Masyarakat Papua dan Papua Barat dapat melihat Gerhana Bulan Total pada kontak Umbra 1 (U1) pukul 18:08 WIT,” kata dia. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *