Habiburokhman Respons Pertemuan Kaesang dan PKS: Wajar dan Menarik

Sumber foto : Tempo
Sumber foto : Tempo

Jurnalindo.com, – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, merespons pertemuan antara Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, dengan jajaran pimpinan Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS). Menurut Habiburokhman, kedatangan Kaesang ke markas PKS merupakan langkah yang wajar dilakukan oleh seorang politikus, terutama jika membahas soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta.

Habiburokhman menilai, pertemuan antara PKS dan PSI membuktikan bahwa anggapan mengenai ketidakcocokan kedua partai tersebut adalah keliru. “Orang kan ngomong PKS dan PSI tidak akan ketemu, ternyata bisa ketemu,” kata Habiburokhman saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu, 10 Juli 2024.

Peluang Duet Anies-Kaesang

Berkenaan dengan Pilgub Jakarta, Habiburokhman menyebutkan kemungkinan duet antara mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, dengan Kaesang. Saat ini, Anies dan Sohibul Iman telah diusung oleh PKS sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilgub Jakarta.

“Apakah nanti akan didorong Anies-Kaesang atau seperti apa, kami menunggu saja,” ujarnya.

Habiburokhman juga menegaskan bahwa Gerindra masih dalam proses mempertimbangkan siapa sosok yang layak untuk maju di Pilgub Jakarta. “Kami juga dalam proses sedang mencari sosok yang tepat sebagai cagub dan cawagub DKI Jakarta,” katanya.

Koalisi dan Strategi Gerindra

Habiburokhman mengakui bahwa partainya tidak bisa mengusung pasangan calon sendirian untuk maju dalam Pilgub Jakarta. Permasalahan utama terletak pada jumlah kuota DPRD yang tidak mencukupi. Oleh sebab itu, penentuan calon di Pilgub Jakarta akan dilakukan bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kami akan terus membicarakan berbagai skema, berbagai kemungkinan dengan partai-partai politik lain terutama teman-teman KIM,” jelasnya.

Selain itu, Habiburokhman menegaskan bahwa Gerindra bersama KIM akan segera mengumumkan siapa calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta yang akan diusung dalam waktu dekat. “Kita lihat nanti lah ya. Mungkin seminggu, dua minggu. Semoga semakin jelas arahnya,” tambahnya.

Pertemuan Kaesang dengan PKS

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, bersama jajaran partainya mengunjungi Kantor DPP PKS di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Elite kedua partai sempat membahas soal Pilkada 2024 dalam pertemuan tersebut.

Usai pertemuan, Kaesang mengklaim dirinya tidak mengajukan namanya sendiri ke PKS untuk diusung di Pilkada 2024. “Di forum tadi, sudah pasti saya tak sodorkan nama saya ke DPP PKS,” kata Kaesang usai pertemuan dengan petinggi PKS, Senin, 8 Juli 2024.

Kaesang menjelaskan bahwa PSI akan membahas calon yang sudah diusulkan PKS untuk Pilkada, khususnya di Pilgub DKI Jakarta 2024. PKS telah mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan politikus PKS, Sohibul Iman, sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di ibu kota.

“Untuk mengenai koalisi yang akan segera dibangun oleh DPP PKS, yang mengusung Pak Anies dan Pak Sohibul, itu nanti akan kami bahas kembali di DPP PSI,” ujar putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu. (Tempo/Nada)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *