Temukan 6 Khasiat Jus Terong Belanda yang Jarang Diketahui


Temukan 6 Khasiat Jus Terong Belanda yang Jarang Diketahui

Jus terong belanda, atau yang dikenal juga dengan nama jus eggplant, adalah minuman yang terbuat dari buah terong belanda (Solanum melongena) yang diblender bersama air atau susu. Minuman ini memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

Meningkatkan kesehatan jantung

Jus terong belanda mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan risiko penyakit jantung.

Mengontrol kadar gula darah

Jus terong belanda juga mengandung serat yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat dalam jus terong belanda dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Meningkatkan kesehatan tulang

Jus terong belanda mengandung vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang.

Meningkatkan fungsi otak

Jus terong belanda mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Selain manfaat kesehatan tersebut, jus terong belanda juga rendah kalori dan lemak, sehingga dapat menjadi pilihan minuman yang menyehatkan bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

jus terong belanda manfaat

Jus terong belanda memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Membantu menurunkan berat badan

Selain manfaat kesehatan tersebut, jus terong belanda juga mudah dibuat dan dapat dikonsumsi oleh semua orang, termasuk ibu hamil dan menyusui. Jus terong belanda juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti jus, smoothie, sup, dan salad.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Jus terong belanda dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan serat dan antioksidannya.

Serat dalam jus terong belanda dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Antioksidan dalam jus terong belanda juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Hypertension” menemukan bahwa konsumsi jus terong belanda secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) dan diastolik (angka bawah) secara signifikan.

Menurunkan tekanan darah dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko stroke
  • Memperbaiki fungsi ginjal
  • Meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, konsultasikan dengan dokter Anda tentang manfaat potensial dari mengonsumsi jus terong belanda.

Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Jus terong belanda dapat membantu mengontrol kadar gula darah berkat kandungan seratnya.

  • Serat larut

    Serat larut dalam jus terong belanda membentuk gel di perut, yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan.

  • Serat tidak larut

    Serat tidak larut dalam jus terong belanda tidak larut dalam air. Jenis serat ini dapat membantu mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, yang dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care” menemukan bahwa konsumsi jus terong belanda secara teratur dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Mengontrol kadar gula darah sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Jus terong belanda dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko komplikasi kesehatan.

Melancarkan pencernaan

Jus terong belanda dapat membantu melancarkan pencernaan berkat kandungan seratnya.

  • Serat larut

    Serat larut dalam jus terong belanda membentuk gel di perut, yang dapat membantu memperlambat penyerapan makanan dan mencegah sembelit.

  • Serat tidak larut

    Serat tidak larut dalam jus terong belanda tidak larut dalam air. Jenis serat ini dapat membantu mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, yang dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Jus terong belanda juga mengandung air yang dapat membantu melunakkan feses dan melancarkan buang air besar.

Dengan kandungan serat dan airnya yang tinggi, jus terong belanda dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kesehatan tulang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Jus terong belanda dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang berkat kandungan vitamin K-nya.

  • Vitamin K

    Vitamin K adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan memelihara tulang yang sehat. Vitamin K berperan dalam produksi osteokalsin, protein yang membantu mengikat kalsium ke tulang.

Selain vitamin K, jus terong belanda juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tulang dari kerusakan. Dengan kandungan vitamin K dan antioksidannya yang tinggi, jus terong belanda dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Meningkatkan fungsi otak

Jus terong belanda dapat membantu meningkatkan fungsi otak berkat kandungan antioksidannya. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, jus terong belanda juga mengandung antosianin, senyawa tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan neuroprotektif. Antosianin telah terbukti dapat meningkatkan memori dan pembelajaran, serta melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Dengan kandungan antioksidan dan antosianinnya yang tinggi, jus terong belanda dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Membantu menurunkan berat badan

Jus terong belanda dapat membantu menurunkan berat badan berkat kandungan serat, air, dan antioksidannya.

  • Serat

    Serat dalam jus terong belanda dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

  • Air

    Air dalam jus terong belanda dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme Anda dan membantu Anda merasa kenyang.

  • Antioksidan

    Antioksidan dalam jus terong belanda dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Dengan kandungan serat, air, dan antioksidannya yang tinggi, jus terong belanda dapat menjadi pilihan minuman yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Tips Mengonsumsi Jus Terong Belanda

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi jus terong belanda:

Tip 1: Konsumsi secara rutin

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari jus terong belanda, konsumsilah secara rutin, misalnya setiap hari atau beberapa kali seminggu.

Tip 2: Kombinasikan dengan buah dan sayuran lain

Untuk menambah rasa dan nutrisi, kombinasikan jus terong belanda dengan buah dan sayuran lain, seperti wortel, apel, atau bayam.

Tip 3: Batasi penambahan gula

Jus terong belanda memiliki rasa yang sedikit pahit. Jika ingin menambahkan pemanis, gunakan gula alami seperti madu atau stevia dalam jumlah sedang.

Tip 4: Konsultasikan dengan dokter

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi jus terong belanda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengonsumsi jus terong belanda dengan aman dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Selain tips di atas, berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengonsumsi jus terong belanda:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Membantu menurunkan berat badan

Youtube Video:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *