2023 Mendatang, Konten Lokal Diprediksi Semakin Meriah di Instagram  

 

Jurnalindo.com – Jakarta, 07/12 – Instagram memperkirakan bahwa konten lokal akan tetap relevan bagi pengguna Gen Z platform media sosial hingga tahun 2023.

“Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer,” kata Direktur Kemitraan Kreator Meta Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana dalam keterangan pers, diterima Rabu.

Dalam laporan What Gen Z Loves in Indonesia on Instagram, yang dibuat berdasarkan data internal dari Instagram dan Populix, platform Meta memprediksi akan ada tiga tren yang bersinar di tahun 2023, yaitu kuliner dan Pariwisata, Lagu dan Tarian Lokal, dan Web 3.

Baca Juga: Bebas Wajib Militer, Hui buka akun Instagram

Instagram menemukan bahwa Gen Z menggunakan dan membagikan lebih banyak konten lokal dalam bentuk lagu dan tarian daripada konten asing untuk Reels. Populix menemukan bahwa 1 dari 2 Gen Z pernah menggunakan lagu “Dunia Tipi-Tipu” milik Yura Yunita dan sepertiga dari mereka menyukai lagu “Ojo Dibandingke” milik Farel Prayoga.

Gen Z di Instagram juga menyukai lagu “Senyum Penuh Sayang”-nya Evan Loss, “Hati-hati di Jalan”-nya Tulus, dan “Aku Cinta Mama Mantu”-nya Bulan Sutena.

Untuk tahun 2023 juga, Instagram melihat konten kuliner dan pariwisata sebagai pemenang. Sebagian besar tagar paling populer di tahun 2022 terkait dengan makanan dan pariwisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia, dan #Kuliner.

Hingga 40 persen Gen Z yang disurvei oleh Populix mengatakan mereka aktif menggunakan ketiga tagar tersebut.

Gen Z di Indonesia juga tertarik dengan teknologi Web 3 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR). Populix menemukan bahwa 65 persen Gen Z ingin melihat lebih banyak kemampuan VR di Instagram,

Gen Z juga tertarik untuk menggunakan fitur AR yang dikembangkan oleh developer Indonesia yaitu “ID Flag” dan “Visible”.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Fitur Verifikasi Usia

Sepanjang tahun 2022, Instagram menemukan bahwa Gen Z menyukai konten video di Reels dan Instagram Stories. Kedua fitur ini adalah tempat favorit mereka untuk menonton konten yang menyenangkan.

Untuk berinteraksi, Gen Z menggunakan fungsi komentar dan pesan DM pribadi. Mereka juga suka menggunakan fitur Sticker Add Yours di Reels dan Stories.

Topik yang diminati Gen Z Indonesia di Instagram tidak hanya hiburan, mereka juga tertarik dengan aksi sosial seperti lingkungan yang berkelanjutan, menjadi otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas dan kesehatan mental. 

Instagram juga menemukan bahwa pengguna muda menyukai avatar seperti Thumb Up, Blowing Kiss, dan Winky. (jurnalindo/salman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *