OPPO Akan Hadir di COP28 Dubai, Pemerkan Aksi Keberlanjutan

OPPO Akan Hadir dan Pamerkan aksi keberlanjutan Teknologi (Sumber Foto. Orange magazine)
OPPO Akan Hadir dan Pamerkan aksi keberlanjutan Teknologi (Sumber Foto. Orange magazine)

JurnalIndo.com – Sebagai wakil eksklusif industri telekomunikasi, OPPO telah diundang untuk berpartisipasi dalam Wawancara Kepemimpinan pada Konferensi ke-28 Para Anggota UN Framework Convention on Climate Change (UNFCCC COP28) yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam kesempatan tersebut, OPPO membagikan inisiatif keberlanjutan melalui teknologi inovatifnya sebagai langkah nyata dalam melawan perubahan iklim.

Kepala Institut Penelitian OPPO, Jason Liao, menjelaskan bahwa teknologi dan inovasi memegang peranan penting dalam melawan perubahan iklim. OPPO berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam keberlanjutan serta menjelajahi teknologi hijau untuk desain dan manufaktur produk mereka. dilansir dari detiknews

Melawan Perubahan Iklim Melalui Inovasi

Kehadiran OPPO dalam COP28 ini bertujuan untuk terlibat dalam serangkaian diskusi tentang bagaimana tindakan kolektif di berbagai industri dapat memberikan dampak positif untuk masa depan. Dalam upaya ini, OPPO mengundang Bluepha Co., Ltd, pemenang global OPPO Inspiration Challenge 2023, untuk memamerkan bahan alami ramah lingkungan yang menggantikan plastik sebagai salah satu solusi dalam pameran selama COP28.

Jason menegaskan bahwa keberlanjutan adalah upaya bersama yang membutuhkan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan. OPPO membuka pintu bagi lebih banyak mitra ekosistem untuk bergabung dalam perjalanan keberlanjutan yang mereka jalani.

Produk ‘Hijau’ dari OPPO

OPPO telah mengintegrasikan konsep keberlanjutan ke dalam manajemen siklus hidup produknya, dari pemilihan bahan baku hingga daur ulang produk. Mereka berjanji mencapai netralitas karbon di seluruh operasional global pada tahun 2050.

Sebagai contoh, OPPO mengembangkan OPPO Battery Health Engine yang memungkinkan baterai smartphone bertahan lebih lama, menjaga lebih dari 80 persen kapasitas aslinya setelah berbagai siklus pengisian menggunakan teknologi pengisian flash SuperVOOC 80W OPPO. Inovasi ini juga membantu mengurangi limbah elektronik, dan membawa OPPO dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Perusahaan Paling Inovatif di Asia-Pasifik pada tahun 2023 oleh Fast Company.

Langkah Hijau dalam Sistem Operasi

OPPO juga mengenalkan fitur ‘GO Green’ Always-On Display dalam sistem operasi terbarunya, ColorOS 14. Dengan 600 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat secara langsung bagaimana berjalan kaki dapat mengurangi emisi karbon dibandingkan menggunakan transportasi lain.

Mendorong Startup untuk Solusi Hijau

OPPO juga berkolaborasi dengan mitra ekosistemnya melalui akselerator inovasi, ‘OPPO Inspiration Challenge’. Tahun ini, fokusnya adalah pada teknologi hijau untuk meminimalkan dampak lingkungan dari manufaktur atau penggunaan produk elektronik.

Startup bioteknologi Bluepha mengembangkan polimer organik alami yang dapat terurai sebagai pengganti plastik dalam kemasan smartphone dan aksesori. Bersama OPPO, Bluepha memamerkan solusi ini di COP28 untuk berbagi inovasi mereka dalam tindakan iklim.

Dengan komitmen ‘Teknologi untuk Manusia, dan Kebaikan untuk Dunia’, OPPO bertekad terus mendorong keberlanjutan di semua aspek operasionalnya, menjalin kolaborasi dengan lebih banyak mitra industri, serta menjelajahi teknologi hijau untuk menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan bagi pengguna globalnya.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *