Cate Blanchett Diduga Menyatakan Dukungan untuk Palestina di Cannes Film Festival 2024

referensi gambar dari (wolipop.detik.com)
referensi gambar dari (wolipop.detik.com)

Jurnalindo.com – Aktris ternama Cate Blanchett kembali menjadi sorotan, kali ini bukan hanya karena penampilannya di red carpet Cannes Film Festival 2024, tetapi juga karena dugaan dukungannya untuk Palestina. Blanchett menghadiri pemutaran perdana film yang dibintanginya, ‘The Apprentice’, pada Senin (20/5/2024) malam, dengan mengenakan gaun yang menarik perhatian.

Gaun yang dirancang oleh Jean Paul Gaultier ini terlihat biasa saja pada pandangan pertama, dengan bagian depan berwarna hitam, bagian belakang putih, dan aksen mutiara di dada. Namun, ketika Blanchett menyibakkan gaunnya untuk berpose, tampak kain berwarna hijau yang mencuat dari bawah. Foto-fotonya segera viral di media sosial, dengan banyak netizen berasumsi bahwa ini adalah bentuk dukungan untuk Palestina, khususnya warga Gaza yang hingga kini masih terus dibombardir oleh Israel. dilansir dari detik.com

Para penggemar berpendapat bahwa aktris berusia 55 tahun ini secara tersirat sedang ‘mengibarkan’ bendera Palestina di festival film bertaraf internasional tersebut. Kombinasi warna hitam, putih, dan hijau pada gaun Blanchett dianggap merepresentasikan bendera Palestina, terutama dengan latar belakang karpet merah Cannes yang menciptakan ilusi warna merah pada bendera tersebut.

Bendera Palestina terdiri dari empat warna: merah, hitam, putih, dan hijau. Susunan bendera ini terdiri dari tiga garis horizontal berwarna hitam, putih, dan hijau, dengan segitiga merah di sisi kiri. Bendera tersebut menjadi simbol kemerdekaan, kebudayaan, keagamaan, dan perjuangan rakyat Palestina untuk hak-hak mereka.

Hingga saat ini, Cate Blanchett belum memberikan pernyataan resmi mengenai pemilihan busananya di red carpet Cannes. Namun, netizen telah membanjiri media sosial dengan pujian atas aksi tersiratnya tersebut.

“Ketika saya besar nanti, saya ingin menjadi Cate Blanchett, dan memiliki ide untuk berpikir bahwa karpet sudah berwarna merah, jadi saya bisa mengenakan gaun hitam-putih dengan lapisan hijau untuk memberikan pesan yang kuat,” tulis salah satu netizen.

“Cate Blanchett di Cannes Film Festival memakai gaun Palestina,” komentar pengguna lainnya.

“Cate Blanchett dalam gaun Jean Paul Gaultier di Festival Film Cannes 2024. Semua ada pada detailnya. Legenda,” tambah pengguna lain.

Namun, ada juga sejumlah netizen yang meragukan apakah gaun tersebut benar mencerminkan bendera Palestina, mengingat bagian belakang gaun terlihat lebih seperti warna pink terang daripada putih.

Cate Blanchett dikenal sebagai salah satu artis Hollywood yang vokal mengkritik agresi militer Israel ke Gaza. Pada Oktober 2023, ia bersama selebriti lain seperti Kristen Stewart, Ramy Youssef, Joaquin Phoenix, dan Riz Ahmed, menandatangani surat terbuka kepada Presiden AS Joe Biden. Mereka mendesak pemerintahan Biden dan para pemimpin dunia untuk menghormati semua nyawa di Tanah Suci dan segera menyerukan gencatan senjata di Gaza.

“Kami mendesak pemerintahan Anda, dan semua pemimpin dunia, untuk menghormati semua nyawa di Tanah Suci dan menyerukan serta memfasilitasi gencatan senjata tanpa penundaan – diakhirinya pemboman di Gaza, dan pembebasan sandera secara aman,” demikian pernyataan di dalam surat tersebut.

Aksi Cate Blanchett di Cannes Film Festival ini sekali lagi menegaskan posisinya sebagai seorang artis yang tidak hanya berkarya di dunia film tetapi juga peduli terhadap isu sosial dan kemanusiaan global.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *