Dalam Rangka Hari Kanker Sedunia, Denada Ajak Membangun Kesadaran Cegah Kanker dan Memantau Kesehatan

- Rabu, 8 Februari 2023 | 17:05 WIB
Dalam Rangka Hari Kanker Sedunia, Denada Ajak Membangun Kesadaran Cegah Kanker dan Memantau Kesehatan
Dalam Rangka Hari Kanker Sedunia, Denada Ajak Membangun Kesadaran Cegah Kanker dan Memantau Kesehatan

Jurnalindo.com - Hari kanker sedunia diperingati setiap tanggal 04 Februari.

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, penyanyi dan pegiat olah raga Denada Tambunan mengajak masyarakat membangun kesadaran untuk mencegah kanker.

“Semua orang berisiko terkena kanker. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih waspada terhadap penyakit ini. Menurut saya, tidak ada salahnya melakukan pencegahan kanker sejak dini. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat dan aktif,” kata Denada, yang juga instruktur dan duta merk Zumba dalam siaran resmi, Selasa.

Baca Juga: Profil Gitasav atau Gita Savitri yang Dikritik Karena Sebut Childfree atau Tak Punya Anak Bikin Awet Muda

Sang buah hati Denada, Aisyah, didiagnosis kanker darah pada 2018. Denada kerap membagikan pengalaman dan perjuangan supaya Aisyah sembuh dari kanker darah. Aisyah kini sudah dinyatakan sembuh.

Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 20 juta orang didiagnosis menderita kanker pada tahun 2021 dan 10 juta orang meninggal akibat kanker.

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia, seperti yang dilaporkan oleh Global Cancer Observatory (Globocan), yaitu sebanyak 68.858 kasus (16,6 persen) dari total 396.914 kasus kanker pada tahun 2020.

Melalui kampanye global “Unite our voices and take action”, Denada mengambil peran dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko dan pencegahan kanker dengan aktif berolahraga, salah satunya melalui Zumba.

Denada mengatakan bahwa kita perlu memilih olahraga yang membuat kita nyaman dan bahagia untuk membentuk gaya hidup sehat.

Baca Juga: Ditanya Soal Penyebab Perselingkuhan, Gisella Anastasia Beri Jawaban Begini

“Jika sudah merasa nyaman dengan satu olahraga, kita menjadi konsisten dan akan menjalaninya secara rutin. Tentunya membantu kita membentuk gaya hidup yang lebih baik,” kata Denada.

Sambil rutin berolahraga, Denada juga mengingatkan masyarakat untuk memantau kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check-up) secara berkala.

Editor: M. Zaenuri

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Terbaru Kondisi David Anak Ketua GP Ansor

Senin, 20 Maret 2023 | 17:30 WIB
X