JurnalIndo.com

Ternyata Ini Manfaat Mengkonsumsi tebu untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata Ini Manfaat Mengkonsumsi tebu untuk Kesehatan Tubuh

Jurnalindo.com¬†–¬†Jika Anda sedang mencari makanan atau minuman yang merupakan sumber antioksidan, sari tebu bisa menjadi salah satunya.

Menurut sebuah studi tahun 2014, minuman ini kaya akan antioksidan berupa asam fenolat, quercetin, asam caffeic, dan asam ellagic.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi tebu :

  1. Perawatan kesehatan kulit

Jus tebu mengandung asam glikolat, antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat khasiat tersebut, konsumsi sari tebu dipercaya dapat membantu mengobati infeksi, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Ragam Jenis Bunga Mawar

  1. Menjaga kepadatan tulang

Mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium dalam air tebu merupakan komponen penting yang membantu memperkuat tulang. Dengan tulang yang padat dan kuat, Anda akan lebih terlindungi dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  1. Menurunkan kolesterol

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi sari tebu murni memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Ini akan melindungi kesehatan jantung Anda dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

  1. Ini membantu Anda tidur lebih nyenyak

Kandungan asam amino pada air tebu dipercaya dapat menyeimbangkan jumlah hormon stres dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga mengubah asam amino menjadi beberapa senyawa yang membantu Anda tidur lebih nyenyak, seperti melatonin dan triptofan.

  1. Sesuaikan tekanan darah

Kandungan potasium dalam air tebu dapat mengurangi ketegangan pada arteri. Hal ini tidak hanya berguna untuk mengontrol tekanan darah, tetapi juga berpotensi mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Baca Juga: Catat! Wanita Paling Suka sama Bunga Mawar Jenis Ini

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Minum jus tebu juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini karena vitamin C dalam air tebu dapat merangsang kerja sel darah putih yang disebut limfosit dan fagositosis. Keduanya memainkan peran penting dalam memerangi infeksi.

  1. Manfaat sari tebu untuk ginjal

Jus tebu dianggap diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urin, membuat Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini bermanfaat bagi tubuh karena kerja ginjal menjadi lebih efisien. Selain itu, urin juga mengeluarkan deposit mineral di saluran kemih.

  1. Pengganti gula

Meski mengandung gula, sari tebu memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Makanan yang rendah GI tidak menaikkan gula darah dengan cepat sehingga cenderung lebih aman. Namun, jika Anda memiliki diabetes tipe 2, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda tentang hal ini.

  1. Meningkatkan energi

Tebu mengandung glukosa dan berbagai mineral. Glukosa adalah sumber energi utama tubuh. Sementara itu, mineral membantu dalam proses mengubah glukosa menjadi energi dan merangsang tingkat metabolisme.

Tags:
, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

back to top