JurnalIndo.com

Purwaceng dan Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan

Purwaceng dan Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan

Jurnalindo.com¬†–¬†Purwoceng kini banyak diolah dalam bentuk suplemen atau minuman herbal, seperti jamu atau teh. Saat Anda mengkonsumsinya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Purwoceng.

Beberapa manfaat purwaceng diantaranya :

  1. Meningkatkan gairah seksual dan vitalitas pria

Selama ini manfaat purwoceng sering dikaitkan dengan performa seksual pria. Ini bukan tanpa alasan. Menurut sejumlah penelitian, akar purwoceng ternyata memiliki efek afrodisiak pada pria, sehingga dipercaya dapat merangsang gairah seksual dan meningkatkan vitalitas atau performa seksual pria.

Baca Juga: 3 Manfaat Bekam Salah Satunya Mengatasi Kelelahan

Faktanya, penelitian in vitro menunjukkan bahwa Purwoceng dapat meningkatkan produksi dan kinerja testosteron serta meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Namun, manfaat purwoceng masih belum jelas efektivitasnya pada manusia dan perlu penelitian lebih lanjut.

  1. Melawan efek radikal bebas

Kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Purwoceng diketahui mengandung berbagai senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan asam fenolik. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

  1. Membantu melawan infeksi

Tidak hanya menghasilkan aktivitas antioksidan, senyawa flavonoid dan fenolik dalam Purwoceng juga memiliki sifat antibakteri, terutama untuk menghilangkan bakteri Staphylococcus aureus, Salmonella typhi, dan Escherichia coli.

Berkat khasiat tersebut, Purwoceng diklaim mampu membantu mengatasi infeksi bakteri pada saluran kemih, pernapasan, dan pencernaan. Tidak hanya menghilangkan bakteri, Purwoceng juga dikenal dapat mencegah dan menghilangkan jamur Candida albicans.

Baca Juga: Referensi Jenis Bunga Mawar yang Tepat Digunakan Sebagai Kado UlangTahun

  1. Mengurangi peradangan

Selain memiliki sifat antioksidan dan anti bakteri, Purwoceng dikenal memiliki sifat anti inflamasi. Oleh karena itu, Purwoceng juga diklaim bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka, meredakan sariawan, mengurangi rasa sakit dan bengkak, serta mencegah dan meringankan kerusakan organ, seperti hati.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Studi in vitro menunjukkan bahwa akar Purwoceng yang kaya antioksidan ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara. Namun, efektivitas purwoceng sebagai obat untuk mencegah atau mengobati kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa Purwoceng dapat menggantikan peran obat kemoterapi atau radioterapi sebagai pengobatan kanker.

Selain berbagai manfaat tersebut di atas, Purwoceng juga diklaim memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti membantu meredakan gejala masuk angin dan pegal-pegal, melancarkan buang air kecil, serta mencegah pembentukan batu ginjal.

Tags:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

back to top