Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dipecat Terkait Kasus Asusila, Pilkada 2024 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

referensi gambar dari (asset-2.tstatic.net)
referensi gambar dari (asset-2.tstatic.net)

Jurnalindo.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, dipecat terkait kasus asusila yang melibatkan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag. Meskipun demikian, KPU RI memastikan bahwa Pilkada 2024 akan berjalan sesuai rencana tanpa gangguan.

Kasus Asusila Hasyim Asy’ari

Hasyim Asy’ari terbukti melakukan tindakan asusila terhadap anggota PPLN Den Haag. Tindakannya meliputi pemaksaan hubungan badan, ungkapan kata-kata rayuan kepada korban, hingga janji untuk menikahi. Akibat perbuatannya, Hasyim dicopot dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI.

Penunjukan Mochammad Afifuddin sebagai Plt Ketua KPU

Dalam rapat pleno tertutup, KPU RI memutuskan untuk menunjuk Komisioner Mochammad Afifuddin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU RI.

“Hasil pleno sudah memutuskan secara bulat, kami sepakat, untuk memberikan mandat kepada Pak Mochammad Afifuddin untuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua KPU,” kata Komisioner KPU, Agust Mellaz, di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024). dilansir dari detk.com

Komitmen Kelanjutan Tahapan Pilkada 2024

Mochammad Afifuddin memastikan bahwa tahapan Pilkada 2024 tidak akan terganggu meskipun terjadi pergantian ketua. Ia menegaskan bahwa KPU akan terus melakukan konsolidasi internal untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami pastikan tidak akan terganggu (tahapan Pilkada), kami akan lakukan percepatan langkah-langkah konsolidasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Afif di kantor KPU RI.

Fokus pada Tahapan Pilkada dan Putusan MK

Afif menyatakan bahwa saat ini jajarannya semakin fokus terhadap tahapan-tahapan Pilkada serta tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Ia menyebut bahwa masih ada sebagian putusan MK terkait sengketa PHPU Pileg yang masih berjalan.

Afif juga memastikan bahwa tahapan Pilkada tetap berjalan sesuai dengan jadwal. KPU akan segera melakukan konsolidasi dengan KPU provinsi dan kabupaten/kota terkait persiapan Pilkada.

“Kita akan menghadapi Pilkada serentak 2024, sehingga yang kita lakukan adalah kita ingin memastikan bahwa tidak ada tahapan apapun yang terganggu, tidak ada persiapan apapun yang terganggu dari sisi keorganisasian di KPU Republik Indonesia,” ujarnya.

“Kami akan segera melakukan percepatan konsolidasi untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 akan berjalan sesuai dengan apa rencana dan tahapan yang sudah ada,” imbuh dia.

Meskipun Ketua KPU Hasyim Asy’ari dipecat akibat kasus asusila, KPU RI tetap berkomitmen untuk melaksanakan Pilkada 2024 sesuai dengan rencana. Dengan penunjukan Mochammad Afifuddin sebagai Plt Ketua KPU, tahapan Pilkada akan tetap berjalan lancar, dan KPU akan terus melakukan konsolidasi internal untuk memastikan tidak ada gangguan dalam persiapan dan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *