News  

Usung Tema Alam Dan Budaya, Inilah 3 Destinasi Wisata Menarik Di Kulon Progo

Jurnalindo.com – Definisi sehat tidak melulu tentang asupan nutrisi, vitamin serta mineral bukan. Pikiran juga sesekali perlu mendapatkan angin segar untuk dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Yups, pergi berwisata adalah solusi ampuh untuk hidup sehatmu.

Selain berwisata, lebih dekat dengan budaya dan alam merupakan hal yang menyenangkan bukan.

Jika Anda sedang memilih lokasi wisata yang menawarkan kecakapan budaya serta keasrian alam, maka cobalah pergi ke Kulon Progo.

Berikut tiga destinasi wisata alam dan budaya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kulon Progo melansir dari antaranews.

1. Perkebunan Teh Gumilir

Desa wisata Purwosari merupakan tempat yang bisa Anda kunjungi saat berwisata di Kulon Progo. Di sana, Anda bisa melihat-lihat perkebunan Teh Gumilir. Teh lokal premium dari petani lokal ini memiliki rasa yang unik dan khas.

Sebab, mereka memetik 3 helai daun teh teratas (pucuk) untuk menjaga kualitasnya. Setelah dipetik, daun pun harus langsung diproses sangrai dengan alat khusus.

Proses ini pun dapat memakan waktu 8 jam. Tak hanya bisa melihat perkebunannya, wisatawan juga dapat melihat proses pembuatan teh dan mencicipi teh-nya langsung.

2. Sungai Mudal

Selain mengunjungi kebun teh, Anda juga dapat mengunjungi Sungai Mudal. Selain menikmati pemandangan air terjun yang indah, pengunjung juga dapat berenang. Ekowisata Sungai Mudal ini berlokasi di Jatimulyo, Kepanewon atau Kelurahan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Sungai Mudal ini dapat dikunjungi pukul 09.00 pagi hingga 16.00 WIB. Pengunjung juga hanya dikenakan biaya Rp10.000 saat mengunjungi tempat ini. Tak hanya berenang dan menikmati pemandangan, di sini Anda juga dapat berkemah dan menginap di homestay.

3. Menikmati Sajian Pentas “Sugriwa Subali” di Goa Kiskendo

Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati sepenggal kisah tentang Sugriwa dan Subali. Tarian, nyanyian serta kisahnya akan menghibur para wisatawan yang hadir di sana. Kisah inilah yang menyertai goa sehingga warga memiliki daya tarik besar atas objek wisata ini.

Selain menikmati pentas sendra tari tentang Sugriwa dan Subali saja. Pengunjung juga dapat melakukan susur goa, bermain di taman bermain, hingga menikmati keindahan taman bunga. Keindahan tempat ini pun sangat cocok untuk obyek berfoto. (Nawa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *