News  

Strategi Pemprov NTT Dalam Mengupayakan Festival Menjadi Daya Tarik Sektor Pariwisata

jurnalindo.com – Soni Libing selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengatakan pemerintah provinsi mengupayakan pemulihan sektor pariwisata dari dampak pandemi COVID-19 dengan menyelenggarakan lima kegiatan festival pada 2022.

“Festival-festival yang akan digelar di 2022 ini sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2022 yang sudah diluncurkan Kementerian Pariwisata,” katanya dalam keterangan di Kupang, Kamis.

Kelima festival itu adalah Festival Semana Santa di Kabupaten Flores Timur, Festival Dugong di Alor, Festival Pameto di Timor Tengah Selatan, Festival Wolobobo di Ngada, dan Festival Parade Kebangsaan di Ende.

Sony Libing mengatakan pelaksanaan festival ini merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk memulihkan sektor pariwisata melalui peningkatan kunjungan wisatawan maupun pendapatan ekonomi masyarakat.

Penyelenggaraan lima festival ini, kata dia, didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terutama dari aspek anggaran.

“Lima festival ini dinilai unik dan mewakili berbagai jenis wisata dari wisata alam, budaya, religi, maupun kebangsaan,” katanya.

Sony Libing mengatakan pihaknya mulai berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten yang melaksanakan festival tersebut mengingat ada festival yang dipadukan dengan kegiatan keagamaan yaitu Semana Santa di Flores Timur.

“Kami berkoordinasi dengan pimpinan lembaga agama dan pemerintah kabupaten serta semua elemen di Flores Timur agar festival ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Selain itu, kata dia koordinasi juga dijalankan dengan berbagai elemen di empat pemerintah kabupaten lain untuk menyiapkan berbagai aspek secara baik seperti atraksi, usaha ekonomi kreatif, dan sebagainya.

“Kita persiapkan semaksimal mungkin agar festival-festival ini bisa menarik minat kunjungan wisatawan untuk datang selain itu tentu promosi juga tetap dijalankan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *