News  

Fasilitasi ketersediaan teng kerjaPemkab Batang bentuk TKPDV

jurnalindo.com, BATANG, 04/11 – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah membentuk Tim Revitalisasi, Pendidikan dan Pelatihan Vokasi yang bertugas memfasilitasi ketersediaan tenaga kerja dan meningkatkan sumber daya manusia yang siap kerja di Kawasan Terpadu Batang Zona industri.

Pj Wali Amanat Batang Lanny Doi Rigiki di Batang, Jumat mengatakan, Tim Diklat Revitalisasi dan Vokasi ini terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur asosiasi bisnis.

“TKPDV ini sebagai forum koordinasi, keterpaduan, sinergi kebijakan dan program pendidikan dan pelatihan vokasi, serta menciptakan kesempatan kerja,” katanya.

Kabarnya, pembentukan tim tersebut sebagai tindak lanjut dari rencana kerja periklanan bersama kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pengadaan tenaga kerja di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Baca Juga: Inovaatif, Babel dan 15 perguruan tinggi sepakat tingkatkan SDM masyarakat

Ia mengatakan, tingkat pencari kerja di daerah saat ini sangat tinggi, mencapai 6,59 persen, dan per Oktober 2022 sebanyak 12.800 orang.

“Oleh karena itu, dengan berdirinya Kawasan Industri Terpadu Batang dan kawasan industri lainnya diharapkan akan mengurangi tingkat pengangguran di daerah ini,” katanya.

Lani Doi Rigiki mengatakan dengan membentuk tim revitalisasi, pendidikan dan pelatihan vokasi, diyakini masyarakat setempat akan bekerja di Kawasan Industri Terpadu Batang sesuai dengan pengalamannya.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa pembangunan proyek strategis nasional di Kabupaten Batang di antaranya adalah mengurangi jumlah angka pengangguran dan mengutamakan tenaga kerja lokal bekerja di perusahaan KITB,” katanya. (Slmn/Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *