News  

Lembaga pemeringkat univ dunia menilai UI unggul dalam ilmu teknik, seni-humaniora, dan sosial

jurnalindo.com, Universitas Indonesia (UI) tercatat sebagai kampus yang unggul di bidang teknik, seni, humaniora, dan ilmu sosial di Indonesia menurut penilaian lembaga pemeringkat universitas dunia Times Higher Education (THE).

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lucia, mengatakan hasil pemeringkatan tersebut menempatkan UI pertama di Indonesia dan 601-800 dunia di bidang teknik dengan total skor 26,3-31,9.

“Di Asia Tenggara, UI berada di posisi 13 dari 60 institusi di Asia Tenggara yang berpartisipasi pada bidang ilmu engineering,” katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan pers universitas di Depok, Kamis.

Menurutnya, UI merupakan satu-satunya universitas asal Indonesia yang berhasil menduduki posisi 15 besar di Asia Tenggara, mengungguli Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadja Mada, Universitas Sens Malaysia, Universitas Chiang Mai (Thailand) , dan Universitas Kuala Lumpur (Thailand). ). Malaysia).

Baca Juga: Rektor UI sarankan konsep The Golden Mid-Way siasati krisis energi

Di bidang seni dan humaniora yang meliputi arkeologi, arsitektur, seni rupa, desain, sejarah, filsafat dan teologi, serta bahasa dan sastra, UI tercatat sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam THE World University Rankings 2023 oleh subjek.

UI berada di peringkat 401-500 dunia dengan skor total 20,0-23,6 dan mengungguli Indonesia dalam Indeks Industry Incame dengan skor 100,0.

Di bidang ilmu-ilmu sosial yang meliputi studi komunikasi, media, geografi, studi politik, hubungan internasional dan sosiologi, UI menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 501-600 di dunia.

Sedangkan di bidang bisnis dan ekonomi yang meliputi akuntansi, keuangan, bisnis dan manajemen, ekonomi dan ekonometrika, UI menduduki peringkat kedua di Indonesia dan peringkat 501-600 di dunia.

Dalam mata pelajaran ilmu komputer, user interface menempati urutan kedua di Indonesia dan menempati urutan 601-800 di dunia. (Slmn/Antara)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *