News, Oase  

Kualitas Udara Jakarta Masuk Kategori Tidak Sehat, Cuaca Berkabut di Jumat Pagi

referensi gambar dari (static.promediateknologi.id)
referensi gambar dari (static.promediateknologi.id)

Jurnalindo.com – Pagi ini, udara di Jakarta menyajikan kondisi yang kurang menyenangkan bagi warga kota ini. Berdasarkan data dari situs IQAir pada Jumat (3/5/2024) pukul 07.25 WIB, kualitas udara di Jakarta dikategorikan sebagai ‘tidak sehat’, dengan Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) mencapai angka 163.

Informasi yang tertera di situs tersebut mengungkapkan bahwa konsentrasi Partikulat Udara 2.5 mikrometer (PM2.5) di Jakarta saat ini mencapai 15.7 kali lipat dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). dilansir dari detik.com

Beberapa wilayah di Jakarta tercatat dalam indikator merah atau kategori tidak sehat, antara lain Jeruk Purut, Cilandak Barat, Puri Indah, Kemang Dalam IX, dan Kemang V.

Selain itu, situs juga mencatat kondisi cuaca saat ini di Jakarta. Pagi ini, kota ini diselimuti kabut dengan suhu mencapai 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara mencapai 86%, dengan angin berembus sebesar 5,5 km/jam dan tekanan atmosfer 1010 mbar.

Kondisi ini memperingatkan masyarakat Jakarta untuk lebih berhati-hati, terutama bagi mereka yang memiliki sensitivitas terhadap polusi udara atau masalah kesehatan pernapasan. Disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan masker penutup wajah jika diperlukan untuk mengurangi risiko paparan polusi udara.

Jurnal/Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *