News  

Bergerak Jatim Deklarasi Gibran Sebagai Cawapres 2024

Jurnalindo.com – Dinamika politik Pemilu 2024 harus menjadi medium sirkulasi kepemimpinan yang meletakkan pemuda sebagai garda depan dalam suksesi kepemimpinan nasional. Sirkulasi kepemimpinan tersebut penting menyusul fakta lebih dari 50% pemilih dalam pemilu ini berasal dari angkatan muda Indonesia.

Melihat situasi ini, Brigade Gibran Rakabuming Raka (BERGERAK) Jawa Timur mendeklarasikan Gibran sebagai Calon Wakil Presiden. BERGERAK siap menjadi brigade untuk memenangkan Wali Kota Solo itu dalam dalam Pilpres 2024.

“Momentum Pemilu ini patut dijadikan medium strategis untuk memilih pemimpin yang berasal dari kaum muda Indonesia, pada saat yang sama, kesempatan ini perlu dimaksimalkan demi merobohkan tembok gerontokrasi, dominasi kaum tua yang dalam banyak bentuknya telah mengalienasi posisi dan peran generasi muda dalam kehidupan politik,” kata Abdur Rohman, selaku koordinator BERGERAK Jatim, kepada awak media.

Menurutnya, dalam masa emas generasi muda inilah, diperlukan pemimpin muda yang memiliki komitmen kuat mengawal kepentingan generasi muda. Yaitu pemimpin yang kualifikasinya ditunjukkan dengan buah pemikiran yang cemerlang, sikap adiluhung dan tindakan-tindakan strategis yang bermakna bagi perbaikan bangsa.

“Atas dasar alasan itulah, kami segenap kaum muda bernama BRIGADE GIBRAN RAKABUMING RAKA (BERGERAK) mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden dalam helatan Pemilu 2024,” sebutnya.

Menyusul dukungan tersebut, kata Abdur Rohman, pihaknya memberikan beberapa pertimbangan. Pertama, Gibran adalah perwakilan generasi muda yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang mentereng. Dibuktikan dengan praktik kepemimpinannya selama menjadi Wali Kota Solo.

Selain itu, Gibran terbukti mampu memajukan ekonomi daerahnya, meningkatkan toleransi dan praktek beragama yang moderat. Rangkaian prestasi kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka menunjukkan dirinya sebagai pemimpin muda yang berkualitas tinggi.

Bahkan, sebut Abdur Rohman, Gibran adalah perwakilan pemimpin muda yang memiliki sikap yang luhur dan adiluhung. Ditunjukkan dengan perilaku kepemimpinan yang mengedepankan sikap sederhana, tenggang rasa, terbuka dan bertanggung jawab.

“Gibran Rakabuming Raka adalah perwakilan pemimpin muda yang berwawasan dalam dan luas. Ditunjukkan dengan visi misinya yang menghendaki praktik kepemimpinan modern, tangguh, gesit dengan mengedepankan sikap kenegarawanan, utamanya demi mendorong kesejahteraan publik,” tuturnya.

“Kami juga menolak sentimen personal, stigmatisasi dan pelabelan ‘politik dinasti’ seperti selama ini dibunyikan oleh kelompok-kelompok buzzer yang menghendaki pembunuhan karakter terhadap Gibran,” sambungnya.

BERGERAK Jatim memandang, kehadiran Gibran patut dipandang sebagai peluang bagi upaya membangun kepemimpinan muda di Republik Indonesia. Praktik pelabelan ‘politik dinasti’ kepada Gibran tidak relevan dengan situasi nasional dan global sebab kepemimpinan muda juga terjadi di beberapa negara maju.

“Semisal Amerika Serikat dan Kanada yang mengedepankan kualitas pemimpin ketimbang sentiment atas trah kekerabatan/kekeluargaan. Dalam konteks nasional, praktik ‘politik dinasti’ juga kerap dijalankan oleh elite nasional lewat pemilihan pimpinan partai politik berdasarkan trah keluarga. Sehingga upaya stigma politik dinasti kepada Gibran adalah sentimen subyektif yang tidak berdasar,” ujarnya.

“Selaras dengan alasan itulah, maka kami memberi dukungan penuh kepada Gibran Rakabuming Raka dalam helatan Pemilu 2024 mendatang. Kami berkomitmen penuh untuk mengawal generasi muda Indonesia untuk memilih Gibran dalam Pemilu yang akan datang,” sambungnya.

Ditegaskan Abdur Rohman, dukungan tersebut termanifestasi dalam mengorganisir rakyat dan mengumpulkan massa (electoral activity). Dan juga berkomitmen penuh untuk menjadi kekuatan moral (moral forced) untuk membela seluruh praktik kampanye hitam (black campaign) yang berpotensi mengganggu proses pencalonan Gibran Rakabuming Raka.

“Sejak pernyataan pers ini disampaikan kepada publik, maka seluruh bentuk dukungan sebagaimana disampaikan di atas akan segera dilaksanakan oleh segenap generasi muda di seluruh penjuru Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *