JurnalIndo.com

Mentimun dan Segala Manfaatnya untuk Kesehatan Wajah

Mentimun dan Segala Manfaatnya untuk Kesehatan Wajah

Jurnalindo.com¬†–¬†Mentimun atau yang biasa disebut dengan timun merupakan salah satu buah yang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap sayuran.

Mentimun dan berbagai olahannya dapat ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia yang beriklim tropis.

Mentimun merupakan buah dengan kadar air yang tinggi sehingga memiliki fungsi menyegarkan dan cocok dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Catat! Wanita Paling Suka sama Bunga Mawar Jenis Ini

Di Indonesia timur biasanya diolah menjadi masakan pelengkap, seperti asinan, rujak, rujak, dan masih banyak lagi. Ada juga minuman mentimun yang menyegarkan.

Mentimun mengandung berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, B dan C, dan juga mengandung mineral seperti magnesium, mangan, dan silika.

Itulah mengapa dianjurkan untuk makan mentimun secara rutin setiap hari. Mentimun dipercaya dapat membantu mengatur tekanan darah, berkat kandungan magnesium dan seratnya yang tinggi.

Mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah, terutama untuk kulit wajah. Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan utamanya, seperti masker, toner, lulur, dll.

Inilah beberapa manfaat menimun untuk kesehatan :

  1. Menenangkan mata bengkak

Untuk perbaikan instan, tempelkan irisan mentimun dingin ke mata Anda. Mentimun mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan dan iritasi, memberikan efek pendinginan yang membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan pada mata.

  1. Merawat kulit yang terbakar sinar matahari dan teriritasi

Efek dari paparan sinar matahari terus-menerus bisa sangat menyakitkan. Mentimun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, belerang, serta vitamin A dan C yang dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Letakkan irisan mentimun di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Kemudian gunakan pelembab wajah Anda seperti biasa.

Baca Juga: Catat! Wanita Paling Suka sama Bunga Mawar Jenis Ini

  1. Sebagai masker wajah anti penuaan

Campurkan setengah mentimun yang dihaluskan dengan dua sendok makan yogurt, lalu oleskan campuran tersebut pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

  1. Mencegah jerawat dan pori-pori

Sel kulit mati dan kulit berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Mentimun memiliki sedikit sifat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Jus mentimun dapat digunakan sebagai toner untuk membersihkan jerawat penyebab jerawat.

  1. Melembabkan kulit

Mentimun mengandung 96 persen air. Kandungan ini membantu melembabkan kulit kusam. Namun, perlu diingat bahwa air saja tidak cukup untuk menghidrasi kulit Anda.

Untuk merasakan manfaat mentimun ini, mentimun bisa dicampur dengan bahan pelembab lainnya, seperti madu dan lidah buaya.

Tags:
, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

back to top