Benarkah Berkumur Dapat Mencegah Tertular Omicron?

jurnalindo.com – Tahukah Kamu jika berkumur dipercaya bisa mencegah penularan Omicron? Tak hanya itu, berkumur juga dianjurkan dilakukan pasien trrinveksi Omicron yang sedang melakukan isolasi mandiri dirumah.

Dilansir dari CNN Indonesia, Dokter Gigi yang juga merupakan staf pengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Andrianto Soeprapto memberikan keterangan virus Corona varian apapun, termasuk Omicron rentan terhadap oksidasi.

“Bahkan ADA dan CDC juga merekomendasikan berkumur sebelum tindakan medis di rongga mulut menggunakan hidrogen peroksida atau iodine¬†povidone,” ungkapnya

Berkumur dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan paling awal dilakukan saat positif terinveksi Omicron. Hal ini disebabkan virus yang masih mengendap pada tenggorokan Anda lebih mudah dibasi saat masih berada ditenggorokan menggunakan media kumur berupa hidrogen peroksida, air garam, air hangat.

Berikut tips agar tidak terpapar COVID-19 terutama varian Omicron menggunakan cara berkumur.

1. Berkumur selama tiga hari sekali

Cara ini daoat dilakukan dengan berkumur selama 30 detik di rongga belakang mulut dan 30 detik di tenggorokan belakang. Ini dilakukan tiga kali dalam sehari.

2. Berkumur dilakukan setiap datang bepergiaan

Setelah selesai beraktivitas di luar rumah, langsung berkumur ketika pulang. Hal ini sama pentingnya dengan mencuci tangan karena bisa membersihkan virus yang baru bersarang di tenggorokan Anda.

3. Gunakan 15 ml Iodine Povidone

Iodine povidone adalah produk yodium yang biasanya digunakan dalam larutan antiseptik untuk mendesinfeksi luka ringan pada kulit. Cobalah berkumur menggunakanya. Kandunganya dapat membunuh virus dengan baik.

4. Lakukanlah 5 hari terua menerus

Cobalah ulangi selama 5 hari berturut-turut. Jika masih tidak ada perubahan maka lanjutkan memilih cara penyembuhan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *